0

5 Alat Fitness yang Cocok untuk di Rumah

Memilih alat fitness yang cocok untuk digunakan di rumah sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun, bukan berarti Anda bisa asal-asalan. Banyaknya jenis peralatan fitness yang ditawarkan di pasaran membuat tantangan tersendiri ketika memilih, namun 5 alat ini bisa menjadi pilihan Anda untuk digunakan di rumah.

Berikut ini adalah 5 alat fitness terbaik yang cocok untuk digunakan di rumah Anda, yaitu :

Diri Anda sendiri. Ya, tubuh Anda sendiri sebenarnya merupakan alat fitness terbaik yang bisa digunakan. Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa menggunakan peralatan mahal, cukup dengan badan Anda saja, misalnya :

  • Squats
  • Push up
  • Front Plank
  • Sit Up
  • Walking Lunge

Satu set Dumbbell yang bisa disesuaikan. Selain murah dan tidak mengambil banyak tempat di rumah Anda, dumbbell juga memberikan manfaat yang bisa langsung terasa di tubuh. Berat Dumbbell yang dipilih harus disesuaikan dengan level kekuatan Anda, namun masih tetap cukup menantang untuk bisa meraih goal Anda. Tubuh manusia sebenarnya mudah beradaptasi dengan mesin, misalnya saja alat fitness tadi, jadi bila Anda terus melakukan rutinitas yang sama secara konsisten, maka tubuh Anda akan tidak lagi mendapatkan manfaat darinya. Menambahkan resistensi pada latihan berat Anda akan menambah kekuatan tubuh, misalnya saja dengan menambahkan gerakan lain, seperti memegang dumbbell sambil melakukan Walking Lunge.

Alat Fitness yang Cocok untuk di RumahKettlebell. Bentuknya seperti bola kecil dengan pegangan di atasnya. Melihat bentuknya, Anda pasti tahu bahwa alat fitness ini digunakan dengan menggunakan gerakan mengayun menggunakan tangan. Bila dilakukan dengan benar, Kettlebell dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh Anda. Karena ini merupakan alat baru yang masih jarang digunakan di Indonesia, maka sebaiknya konsultasikanlah cara pengunaannya dengan mereka yang telah berpengalaman.

TRX Suspension Trainer, bentuknya berupa tali elastis panjang dengan pegangan di kedua ujungnya. Dengan alat ini kita bisa melakukan lebih dari 150 gerakan senam/olahraga yang membantu dalam membentuk tubuh. Alat ini sangat digemari di negara asalnya, Amerika Serikat karena praktis dan mudah digunakan, serta mudah untuk dibawa ke mana saja.

Rowing Ergometer atau “Erg”, adalah alat fitness yang menggunakan konsep gerakan mendayung atau rowing. Merupakan low impact kardiovaskular yang aman untuk sendi. Cidera punggung bagian bawah merupakan cidera yang sering terjadi pada penggunaan “Erg” ini, karenanya postur tubuh yang benar saat melakukannya harus diperhatikan. Alat fitness ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Nah, sekarang sudah tahu mau memilih alat fitness yang mana untuk di rumah Anda? (raw)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *