0

5 Bahaya Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Pembahasan kali ini yaitu mengenai apa saja bahaya mengkonsumsi susu kental manis yang selama ini sering anda minum. Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya di pasaran banyak sekali beredar susu kental manis atau yang juga disebut SKM. Susu ini dinilai memiliki banyak dampak negatif bagi siapa saja yang meminumnya. Jika seharusnya susu menjadi minuman yang menyehatkan, justru menjadi sesuatu bumerang bagi tubuh anda. Berikut beberapa bahaya yang harus anda ketahui :

  1. Memiliki Kandungan Lemak Jenuh yang Tinggi

Di dalam 100 g susu kental manis terkandung sekitar 5 gram lemak jenuh. Tentu saja angka tersebut merupakan jumlah yang cukup besar. Mungkin jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit tidak terasa dampaknya, tetapi jika berulang kali dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan anda, apalagi jika diberikan kepada anak dibawah usia 5 tahun tentu bukanlah hal yang baik.

Susu Kental Manis

(Sumber Gambar: Lifestyle Okezone)

  1. Menyebabkan Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering diderita manusia. Salah satu penyebabnya yaitu seringnya mengkonsumsi makanan/minuman yang terlampau manis. Kandungan gula sebanyak 54 gram tentu saja sudah terlalu banyak jika sering dikonsumsi. Dampaknya masalah kesehatan seperti diabetes mellitus yang bisa saja datang menyerang anda.

Baca Juga : Buah yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

  1. Menyebabkan Obesitas

Susu kental manis juga menjadi penyebab seseorang menderita kegemukan atau obesitas. Penyebabnya tentu saja karena tingginya kandungan karbohidrat dan lemak pada susu tersebut. Dengan tidak didukung pola hidup yang sehat, dengan seringnya meminun susu tersebut membuat berat badan seseorang bertambah hingga pada akhirnya ia menjadi obesitas.

  1. Menyebabkan Karies Gigi

Masalah gigi juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi SKM. Hal ini bukan tanpa alasan, gigi sangat pantang sekali terhadap sesuatu yang terlalu panas atau manis. Kandungan gula yang tinggi tentu saja membuat gigi anda menjadi rusak dan berlubang. Jika terus menerus dibiarkan maka bisa saja gigi ompong akan anda alami.

  1. Memiliki Kandungan Kalsium Rendah

Mengapa seseorang meminum susu? Salah satunya untuk menguatkan tulang dan juga gigi. Hal tersebut bisa anda wujudkan jika zat gizi kalsium terpenuhi di dalam tubuh anda. Namun sayang seribu sayang, susu kental manis memiliki kadar kalsium yang begitu rendah hanya sekitar 284 mg, berbeda jauh dengan susu bubuk yang mencapai 900 mg. Jika anak anda suka minum susu tetapi sulit untuk tinggi bisa saja disebabkan karena mengkonsumsi susu yang rendah kalsium.

Karena begitu bahayanya susu yang satu ini, sampai-sampai membuat Menteri Kesehatan membuat aturan ketat mengenai peredaran susu kental manis. Disarankan anda untuk mengurangi atau jika bisa hilangkan kebiasaan meminum susu tersebut. Gantilah dengan yang lebih sehat misalnya susu bubuk atau susu asli yang langsung diperah dari sapinya. Itulah kelima bahaya susu kental manis, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *