0

5 Fasilitas Data Center Terbesar di Dunia

Saat ini makin banyak perusahaan yang memanfaatkan data center untuk menyimpan data-data penting perusahaannya. Data center memang menyediakan jasanya untuk digunakan oleh banyak perusahaan, karena itulah ukuran data center ini biasanya cukup besar. Data center Indonesia saja rata-rata luasnya 1000 hingga 30.000 meter persegi. Berbicara mengenai besarnya ukuran atau luas data center, berikut ini 5 lokasi data center dengan luas terbesar di dunia, di antaranya :

5 Fasilitas Data Center Terbesar di Dunia

  • Microsoft Chicago Data Center (700 ribu kaki persegi)

Sebagai perusahaan IT terkemuka di dunia tidak heran kalau perusahaan ini memiliki tempat data center yang luas. Terletak di Northlake, Illnois, Amerika Serikat, data center ini memiliki ukuran luas 700.000 kaki persegi atau kira-kira 65.000 meter persegi. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai yang secara keseluruhan mampu menampung 112 container berisi 224.000 server dengan tambahan 10.000 server di lantai ke duanya.

  • Switch SuperSnap, Las Vegas (2,2 juta kaki persegi)

Data center yang dimiliki oleh Switch ini mampu menampung hingga 20.000 kabinet, dengan kapasitas energi listrik hingga 200 megawatts. Data center ini dilengkapi dengan dengan sistem pendingin yang disebut dengan Iron Black Forest, yang mampu menjaga temperatur di dalamnya. Selain itu, lokasi ini juga dirancang agar tahan serangan badai yang memang sering menimpa Amerika Serikat.

  • NAP of The America, Miami (750 ribu kaki persegi)

Gedung pusat data yang selesai dibangun pada tahun 2001 dan terdiri dari enam lantai ini memiliki luas sebesar 750 ribu kaki persegi atau sekitar 69.600 meter persegi. Seperti kebanyakan gedung di Amerika Serikat, gedung ini juga dibangun mampu untuk menahan serangan badai kategori 5. Fasilitas pusat data ini merupakan kunci utama komunikasi antara Amerika Serikat dan Amerika Latin, yang menyediakan infrastruktur bagi militer AS serta sistem penamaan domain global.

  • QTS Metro Data Center, Atlanta (990 ribu kaki persegi)

Luas keseluruhan dari bangunan ini adalah 990.000 kaki persegi atau hampir sekitar 92.000 meter persegi. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan kapasitas energi listrik sebesar 80 megawatt. Luas bangunan ini nampaknya akan semakin bertambah dengan rencana pelebaran bangunan sebesar 12.000 meter persegi.

  • 350 East Cermak, Chichago (1,1 juta kaki persegi)

Fasilitas pusat data ini memiliki luas keseluruhan sebesar 1,1 juta kaki persegi atau sebesar 102.193 meter persegi. Salah satu fasilitas yang membedakannya data center ini dengan lainnya adalah adanya 8,5 juta gallon tank yang berisi carian pendingin. Tank ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi panas untuk fasilitas tersebut. Cadangan penyimpanan tenaga ini berfungsi untuk mengurangi biaya operasional. (raw)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *