0

5 Tips Penting Saat Beli Mobil Bekas di Showroom Mobil

Showroom mobil di Indonesia bisa dibilang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Kondisi ini wajar, karena kebutuhan akan yang notabennya sebagai alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Meskipun kini kita dapat memilih untuk menggunakan angkutan umum online, tetap saja memiliki mobil sendiri memberikan berbagai keuntungan. Agar murah dan terjangkau, kamu bisa membeli mobil bekas di showroom mobil di sekitar kamu.

Showroom Mobil Bekas

Showroom Mobil Bekas

Mengapa memilih mobil bekas? Berikut ini adalah beberapa keuntungan dalam memilih mobil bekas dibandingkan mobil baru:

  1. Harganya yang jauh lebih murah dibandingkan membeli mobil baru, meskipun jangka waktu pemakaiannya masih kurang dari setahun
  2. Tidak hanya mobil baru, mobil bekas juga dapat dibeli secara kredit. Karena harganya jauh lebih murah dari mobil baru, maka jumlah kredit yang diajukan tentu lebih ringan dibandingkan mobil baru.
  3. Kualitas mobil bekas yang tidak berbeda jauh dengan mobil baru, apalagi jika pemilik sebelumnya apik. Tentunya kamu harus jeli untuk menilai apakah mobil bekas tersebut benar-benar masih layak atau tidak.
Periksa Kondisi Mobil Bekas

Periksa Kondisi Mobil Bekas

Seperti yang telah disebutkan di atas, kunci membeli mobil bekas adalah memilih yang pantas dan layak. Jika kamu ingin membeli mobil bekas di showroom mobil, berikut ini adalah beberapa tips agar kamu dapat memilih mobil bekas yang layak:

  1. Pilih Showroom Mobil yang Terpercaya

Hal paling penting pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih dealer dan showroom mobil yang terpercaya. Dealer yang nakal bisa saja me-reset odometer sehingga mobil bekas yang lama tampak masih agak baru.

Kamu bisa bertanya kepada orang yang kamu kenal untuk mendapatkan rekomendasi showroom mobil yang baik. Jangan lupa untuk menanyakan juga after-sales service-nya, karena kalau sampai mobilnya rusak dalam waktu dekat, mobil kamu masih bisa diurus

  1. Perhatikan Kelengkapan Dokumen

Dokumen yang lengkap dan asli merupakan hal penting kedua yang perlu kamu tanyakan. Hal ini berguna agar jangan sampai mobil bekas yang akan kamu beli ternyata mobil hasil curian.

Dokumen yang perlu kamu tanyakan adalah STNK dan BPKB dan harus asli. Bandingkan STNK dengan nomor rangka pada mesin mobil untuk menjamin keasliannya. Kamu bisa juga coba menanyakan faktur pembelian mobil baru tersebut untuk menambah jaminan keaslian, tapi hal ini tidak wajib.

  1. Cek Kondisi Eksterior dan Interior Mobil Bekas

Setelah memastikan bahwa dokumen mobil tersebut aman, kamu perlu mengecek kondisi fisik mobil. Jika kamu tidak teliti mengecek, maka kamu dianggap menerima seluruh kondisi mobil tersebut jika membelinya.

Mulailah periksa dari kondisi body mobil (eskterior dan interior), seperti bekas guratan atau tabrakan yang ada. Kamu perlu bandingkan kondisi fisik mobil dengan cerita dari dealer. Jika dealer mengaku tidak ada bekas cacat sama sekali, maka tidak boleh ada bekas apapun di mobil tersebut. Kalau sampai ditemukan, kamu bisa memilih untuk ganti mobil lain atau menawar lebih rendah lagi.

  1. Cek Kondisi Mesin dan Kaki Mobil

Setelah selesai dengan body mobil, kamu bisa melanjutkan dengan bagian mesin dan radiator. Pastikan tidak ada bekas rembesan agar kamu tidak perlu melakukan servis tambahan. Terakhir, periksa bagian bawah dan kaki mobil. Jika ada bagian yang rusak atau harus diganti dalam waktu dekat, maka bisa menjadi bahan pertimbangan apakah kamu tetap ingin membelinya atau tidak.

Pengecekan kondisi mobil terutama bagian mesin dan kaki mungkin sulit dilakukan bagi kamu yang awam soal otomotif. Bawalah teman atau kenalan kamu yang mengerti soal otomotif, atau gunakan jasa pengecek kondisi mobil yang bisa kamu sewa secara online.

  1. Lakukan Test Drive

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah melakukan test drive. Kondisi mobil secara fisik mungkin terlihat baik, tapi tentu kamu harus benar-benar merasakan sendiri apakah mobil bekas tersebut memang sesuai dengan harapan kamu atau tidak.

Lakukan berbagai tips di atas dengan teliti agar kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang sesuai impian kamu.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *