0

5C Untuk Membangun Personal Branding Via Internet

Membangun Personal BrandPertumbuhan ekonomi Yogyakarta terus mengalami kenaikan yang signifikan. Hal tersebut setidaknya di picu oleh beberapa hal seperti kota Jogja yang menjadi sasaran liburan oleh wisatawan lokal maupun non lokal dan juga pertumbuhan internet Jogja yang semakin meningkat. Poin terakhir didukung oleh banyaknya pasar online lokal yang dibangun oleh masyarakat Jogja. Nah, di tengah persaingan yang semakin kompetitif, kita sebagai pelaku bisnis harus rajin meng-upgrade brand kita agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Caranya adalah dengan membangun personal branding yang positif terhadap brand kita.

  • Create. Buat konten yang unik di dalam website Anda. Konten unik bukan berarti konten yang belum pernah ada sebelumnya, melainkan buatlah konten yang sesuai dengan interest brand Anda. Misalnya, Anda menjalankan sebuah website yang mengarah ke arah kuliner. Maka, buatlah konten-konten berupa tulisan, video, ataupun foto yang menarik dan berkaitan dengan dunia kuliner. Dengan demikian, pengunjung yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda akan betah berlama-lama di website tersebut.
  • Communities. Salah satu cara untuk menguatkan personal branding dari website Anda adalah bergabung dengan komunitas-komunitas online yang berkaitan dengan interest Anda. Bisa melalui LinkedIn, Facebook, Twitter, Instagram, atau bahkan Kaskus. Mendaftarkan diri ke dalam komunitas memiliki banyak nilai plus, di antaranya adalah kita mendapat banyak informasi baru dari orang-orang yang berada di satu bidang kesukaan dengan kita dan juga menjadi sarana publikasi agar brand kita semakin dikenal.
  • Contribute. Kontribusi kita di dalam komunitas tersebut juga bisa meningkatkan awareness orang lain pada brand kita. Selalu pastikan bahwa kontribusi kita di dalam grup diskusi sangat bermanfaat dan dapat memberi informasi baru yang mungkin belum diketahui oleh peserta komunitas lainnya. Jaga interaksi kita dengan pengguna lain untuk membangun koneksi yang selebar-lebarnya.
  • Connection. Seperti yang sudah dipaparkan pada poin 3, kontribusi yang kita lakukan dalam grup komunitas bisa menjadi kunci dari koneksi yang kita bangun. Semakin positif citra kita dalam komuitas, maka semakin lebar kesempatan kita untuk menarik koneksi. Berikan komentar yang jujur dan konten yang informatif pada komunitas tempat kita bergabung.
  • Cooperate. Bagikan informasi yang kita temukan pada orang lain. Jika ada artikel yang informatif, video yang menarik, atau bahkan link yang inspiratif, jangan lupa untuk share pada pengguna internet lain. Gunakan social media kita untuk membangun positif content dan personal branding.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *