0

7 Fakta Unik Asian Games Palembang dan Jakarta 2018

Di tahun 2018 ini terdapat dua acara olahraga akbar yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Yang pertama adalah gelaran Piala Dunia (World Cup) 2018 yang diadakan sejak bulan Juni lalu, sedangkan yang kedua adalah Asian Games Palembang dan Jakarta 2018 yang akan diadakan mulai 18 Agustus 2018 mendatang.

Dari kedua acara akbar tersebut, Asian Games merupakan acara olahraga yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Indonesia. Pagelaran olahraga terbesar di Asia tersebut akan diadakan di negara kita tercinta.

Efek Diadakannya Asian Games di Indonesia

Jakabaring Sport City Palembang

Akibat mempersiapkan diri untuk acara tersebut, kota Jakarta maupun Palembang banyak melakukan berbagai persiapan. Di kota Jakarta, Asian Games akan diadakan di Stadion Gelora Bung Karno dan Istora Senayan. Kedua tempat tersebut direnovasi dengan lebih baik untuk mengakomodir para atlet maupun penonton yang akan datang menonton pertandingan olahraga tersebut.

Di kota Palembang, Asian Games akan diadakan di Jakabaring Sports City (JSC) atau Kompleks Olahraga Jakabaring. JSC merupakan kompleks terbesar di Palembangyang memiliki berbagai fasilitas olahraga seluas 325 hektar dan terletak sejauh 5 km dari pusat kota. Berbagai perbaikan dan penambahan fasilitas dilakukan untuk menyambut Asian Games mendatang. Selain itu, akses menuju JSC akan dilengkapi dengan LRT yang bebas macet.

Perhelatan Asian Games Palembang dan Jakarta 2018 membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Selain melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas tempat pertandingan, kedua kota juga melakukan pembenahan agar tampil maksimal saat didatangi para atlet dan pendukung luar negeri. Indonesia juga menjadi sorotan di mata berbagai negara Asia dan dunia, sehingga dampaknya akan terasa di sektor pariwisata.

Fakta-Fakta Unik Seputar Penyelenggaraan Asian Games Palembang dan Jakarta 2018

Perhelatan Asian Games memang tinggal menghitung hari. Sambil menunggu, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui beberapa fakta menarik terkait pertandingan akbar tersebut.

1. Pertama Kalinya Diadakan di Dua Kota Sekaligus

Asian Games kali ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di dua kota sekaligus. Hal ini membuat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pertama yang menyelenggarakan pertandingan tersebut di dua kota utama sekaligus.

2. Memiliki Tiga Maskot Sekaligus

Maskot Asian Games Palembang 2018

Bukan hanya jumlah kota, jumlah maskot Asian Games kali ini juga lebih dari satu. Ini merupakan pertama kalinya Asian Games memiliki tiga maskot sekaligus. Adapun ketiga maskot tersebut adalah: Bhin Bhin (burung cendrawasih yang merepresentasikan strategi), Kaka (badak bercula satu yang merepresentasikan kekuatan), dan Atung (rusa Bawean yang merepresentasikan kekuatan).

3. Masuknya eSports Sebagai Cabang yang Dipertandingkan

Selama 17 kali diadakan, inilah pertama kalinya eSports (electronic sports) resmi masuk sebagai cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Sayangnya, eSport tidak akan diperhitungkan dalam peringkat kontingen karena masih dianggap sebagai pertandingan demonstrasi. Game yang akan dipertandingkan adalah Arena of Valor (AOV), Pro Evolution Soccer 2018 (PES 2018), League of Legends (LoL), Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft II.

4. Surabaya Merupakan Kota yang Dipilih Sebelumnya

Pada awalnya, Indonesia mengusulkan Surabaya untuk menjadi kota perwakilan Asian Games dalam voting yang menentukan tempat berlangsungnya pertandingan tersebut. Hanoi (Vietnam) awalnya merupakan kota terpilih namun kemudian mengundurkan diri karena krisis ekonomi. Surabaya yang merupakan unggulan kedua juga mengundurkan diri karena akan menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021. Indonesia kemudian mengusulkan Jakarta dan Palembang sekaligus dan akhirnya disetujui.

5. Hadirnya SNSD dalam Countdown Asian Games 2018

Hadirnya SNSD dalam Countdown Asian Games 2018

Countdown satu tahun menuju penyelenggaraan Asian Games 2018 diadakan tahun lalu pada tanggal 18 Agustus 2017. Pada acara tersebut, pemerintah menghadirkan girlband Korea yang sangat terkenal, SNSD, sebagai bintang tamu.

Kehadiran girlband tersebut sempat dikira sebagian masyarakat untuk memeriahkan pesta kemerdekaan Indonesia yang diadakan di 17 Agustus 2017 dan dicap sebagai pemborosan dan tidak sesuai. Kesalahpahaman tersebut akhirnya mereda setelah SNSD ternyata tampil untuk acara countdown Asian Games 2018, bukan pesta kemerdekaan Indonesia di sehari sebelumnya.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Asian Games Palembang dan Jakarta 2018. Semoga pertandingan tersebut berjalan dengan baik dan kontingen Indonesia dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *