0

7 Tips Siasati Uang DP Kredit Mobil

Anda ingin memiliki mobil, namun keuangan tidak bisa penuhi untuk membeli secara cash tentu maka jalan terakhir yang pasti diambil adalah dengan kredit mobil. Proses kredit mobil mandiri dengan langsung menghubungi dealer secara langsung kebanyakan tidak akan diapprove. Tenang, jangan khawatir karena kini sudah banyak perusahaan pembiayaan yang biasa disebut leasing yang akan membantu dalam semua proses pembelian mobil yang Anda inginkan.

Kredit Mobil

Yang namanya kredit pasti berhubungan dengan DP (Down Payment), jumlah cicilan per bulan, dan tenor pelunasan. Nah, untuk uang DP untuk kredit mobil biasanya akan dikenakan sebesar 30% dari harga mobil mahal bukan ? Bener banget, karena mulai Juni tahun 2012, Bank Indonesia mulai ketat membatasi uang muka untuk pengajuan kredit untuk mobil dan motor. Biar ketika mengeluarkan DP kredit mobil tidak mengganggu keuangan, berikut 7 tips siasati uang DP kredit mobil! Check This Out yah!

  1. Ketahui secara pasti, mobil apa yang Anda butuhkan. Jangan dulu lah mikirin DP mobil yang bakal Anda keluarkan nanti, sebaiknya mulai dulu ajah pilih-pilih jenis mobil apa yang Anda butuhkan. Dan ketahui juga berapa total uang yang Anda akan alokasikan untuk bisa kredit mobil tersebut. Jadi, semakin mahal harga mobil yang Anda inginkan maka cicilan per bulannya akan lebih tinggi loh. Jadi pertimbangkan dengan baik-baik dan berembuk terlebih dahulu sama pasangan atau keluarga Anda!
  2. Carilah atau jika perlu minta diskon untuk harga mobil. Hahaha, lucu yah seperti di pasar tradisional saja bisa tawar menawar! Tapi jangan salah, biasanya setiap pembelian sebuah mobil pasti akan mendapat potongan harga dan ini akan diberikan untuk uang DP. Jadi, jangan lupa untuk tanyakan kepada dealer atau leasing yang Anda tunjuk. Namun memang diskon yang diberikan tidak akan besar, paling berkisar 3 juta – 5 juta saja. Memang kecil seh, tapi lumayan lah untuk bisa mengurangi jumlah DP yang nantinya yang akan Anda keluarkan.
  3. Pilih kredit dari leasing terpercaya dan punya track record yang baik. Biasanya neh, ketika akan kredit mobil di leasing pasti akan ada potongan harga tuh khususnya untuk uang DPnya. Jika melalui dealer dan bank biasanya 30%, leasing justru lebih murah sekitar 25% dari harga total mobilnya. Namun pastikan lagi, leasing yang Anda pilih nanti merupakan leasing yang terpercaya dan punya track record yang baik. Untuk mempermudah proses approval mencicil mobil di leasing, maka pastikan track record lain juga baik, khususnya tidak pernah punya hutang cicilan di luar dan masalah kredit lainnya. Ada juga neh leasing yang jika debitornya punya track record bagus, DP mobil bisa dibantu untuk turun menjadi 20%. Tambah murah lagi bukan ?
  4. Cicil uang DP, boleh juga. Jika Anda lebih memilih melakukan kredit langsung ke si penjual mobil, ada beberapa penjual mobil yang bisa dicicil uang DP nya dengan syarat mobil baru akan diberikan jika uang DP dilunasi. Nah, klo ini maka Anda harus memiliki skill negoisasi yang bagus sehingga bisa memudahkan dalam siatasi uang DP mobil yang Anda beli bro!
  5. Jalin hubungan baik dengan sales mobilnya. Ini penting dan harus dilakukan loh bro, karena si sales nantinya akan banyak membantu Anda memilihkan mobil yang cocok. Tidak hanya itu, melobi si sales bisa juga Anda bisa nego besaran uang DP kredit mobil. Tapi ketika sudah dibantu, jangan lupakan dan sia-siakan kepercayaannya!
  6. Minta bantuan alias meminjam ke kantor. Ini dia neh, jalan terakhir untuk bisa siasati uang DP untuk kredit mobil. Biasanya seh, ada beberapa kantor yang akan memberikan bantuan atau meminjamkan uang untuk para karyawannya dengan jaminan pemotongan gaji setiap bulan sesuai dengan kesepakatan. Selain mudah, meminjam ke kantor tidak ada bunga yang Anda tanggung. Jadi lebih tenang bro.
  7. Cari informasi kantor punya hubungan dengan dealer atau produsen mobil atau tidak. Klo yang ini seh, biasanya ketika Anda bekerja di perusahaan berskala besar. Biasanya kantor akan menjalin kerjasama dengan dealer atau produsen mobil untuk pengadaan mobil sebagai bagian dari operasional. Jika memang ada, maka cari informasi dengan detail bagaimana caranya Anda bisa kredit mobil menggunakan fasilitas tersebut, karena biasanya uang DP akan jauh lebih murah.

Memang seh, lebih baik menabung dulu beberapa tahun dan usahakan rutin sehingga bisa dapat DP yang lumayan. Karena klo DP nya lumayan, cicilan per bulannya pun akan lebih ringan dan tenornya pun tidak terlalu lama. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko menjadi debitur yang mengalami kredit macet. Ingin dicoba 7 tips di atas ? Semoga berhasil yah bro! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *