0

Agar Utang Cepat Lunas, Ikuti Tips Berikut Ini!

Memiliki utang yang meski tidak berjumlah besar, memang membuat kita yang berhutang akan merasa stres. Gimana nggak, rasanya setiap hari kita harus memikirkan kapan utang tersebut akan lunas. Terlebih lagi, jika saat berhutang kamu terpaksa harus melakukan gadai online barang kesayanganmu ke pihak penggadaian. Tentu, hal ini semakin membuatmu sakit kepala, karena barangmu sudah ada di tempat penggadaian dan tidak bisa diambil sebelum utang lunas.

Cara Melunasi Hutang

Meskipun begitu, namun ada beberapa cara jitu loh yang bisa kamu ikuti, supaya utang yang kamu miliki ini cepat lunas dan kamu bisa menggunakan kembali barang kesayanganmu yang sudah digadaikan. Gimana ya caranya? Simak langsung pembahasannya di bawah ini;

  1. Membuat sebuah perencanaan untuk melunasi utang. Supaya utang kamu tidak menumpuk, sebaiknya buatlah sebuah perencanaan untuk melunasi utang tersebut. Dimana, kamu bisa membuat rencana untuk membayar utang yang memang sangat diproritaskan terlebih dahulu, seperti yang sudah lewat masa tenggang waktunya. Jangan kamu membayar utang dari utang yang sudah kamu buat, maksudnya tidak mengambil pinjaman lagi untuk menutup utang yang sudah ada sebelumnya. Jika ini kamu lakukan, maka dapat dipastikan kamu tidak akan bisa melunasi utang dengan cepat, yang ada malah utang makin bertambah banyak.
  2. Berhemat merupakan jalan paling baik. Agar utang kamu cepat lunas, cara paling jitu yang bisa kamu lakukan adalah dengan berhemat. Cara ini bisa dikatakan cukup baik diikuti, sebab selain uang kamu bisa digunakan untuk membayar utang, kamu pun bisa disiplin untuk tidak mempergunakan uang yang kamu miliki membeli barang-barang yang sebenarnya yang jarang digunakan. Selain itu, dengan berhemat kamu juga tidak akan boros selama membeli sesuatu, sehingga tidak akan membuat utangmu semakin bertambah.
  3. Tidak malas ketika memiliki utang. Bagi kamu yang memiliki utang, janganlah malas untuk membayar utang. Lantaran, ketika kamu malas, maka utang kamu pun tidak akan pernah dilunasi. Apalagi, jika kamu berhutang di tempat yang bunganya bertambah apabila telat dalam pembayaran, tentu hal ini semakin membuat utangmu kian menambah.
  4. Berhenti sementara menggunakan kartu kredit. Berhenti menggunakan kartu kredit sementara waktu, ternyata bisa pula dijadikan sebagai jalan untuk kamu cepat melunasi utang. Sebab, ketika kamu tidak memakai kartu kredit, tentu tidak akan membuatmu membeli barang yang bisa menumpuk utangmu.

Gimana? Apakah kamu sudah mencoba melakukan beberapa cara di atas untuk melunasi hutang yang kamu miliki? –SH

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *