0

Aksesoris Mobil Ini Ternyata Berbahaya, Loh

Ketika kamu akhirnya bisa membeli mobil impian, pastinya kamu ingin membuat mobilmu terlihat spesial. Tidak hanya menggunakan oli mesin terbaik untuk menjaga performa mobilmu saja, tetapi juga memberikan berbagai aksesoris lucu dan menarik agar mobilmu tampak berbeda. Baik aksesoris interior maupun eksterior mobil.

Akan tetapi tahukah kamu bahwa tidak semua aksesoris yang beredar dipasaran tidak aman untuk digunakan? Seperti beberapa aksesoris berikut ini:

Cover Stir

Cukup banyak pemilik mobil yang menggunakan cover stir dengan alasan agar stirnya tetap bersih. Namun banyak juga yang memasangnya dengan alasan agar stirnya terlihat lebih gagah (pria) atau lucu (wanita). Itulah alasannya cukup banyak produsen cover stir yang memproduksi dengan berbagai model, ukuran, dan bahan. Sayangnya, cukup banyak yang asal saja memasang cover stir ini hanya karena suka dengan modelnya dan tidak peduli apakah ukurannya sesuai atau tidak.

Cover Stir

Sumber Gambar : www.autos.id

Bahkan mereka juga tidak peduli apakah bahan atau model tersebut nantinya akan mengganggu kenyamanan menyetir atau tidak. Padahal pemasangan cover stir yang tidak sesuai akan membuatmu kesulitan dalam memutar stir dan akan sangat berbahaya dalam kondisi darurat dimana kamu harus memutar stir dalam kondisi cepat.

Forklift Knob

Aksesoris ini bertujuan untuk memudahkan kamu yang menyetir menggunakan satu tangan.

Forklift Knob

Sumber Gambar : www.conger.com

Sayangnya, sama seperti cover stir, keberadaannya justru dapat mengganggu ketika kamu harus memutar stir secara cepat dalam kondisi darurat. Sebab itulah sangat tidak disarankan untuk memasang aksesoris ini pada stir.

Pembungkus Pedal

Pembungkus Pedal

Sumber Gambar : MobiLku.Org

Ada berbagai alasan mengapa orang senang menggunakan pembungkus pedal, seperti ukuran pedal yang terlalu kecil, atau karena ingin pedal terlihat keren. Sebenarnya pemasangan pedal ini tidak masalah selama kamu masih memerhatikan beberapa poin penting berikut, yaitu:

  • Pembungkus pedal yang satu tidak akan menghalangi fungsi pedal lainnya. Sebab biasanya ukuran pembungkus pedal akan lebih besar dari ukuran pedalnya. Pastikan bahwa tetap ada jarak antara pedal yang satu dengan yang lainnya.
  • Pilihlah pembungkus pedal yang dilapisi dengan karet agar tidak licin. Sebab pembungkus pedal yang terbuat dari besi akan meningkatkan risiko kaki tergelincir saat menginjak pedal.
  • Untuk kamu yang sering menyetir tanpa alas kaki, pilihlah pembungkus pedal yang tidak memiliki sisi tajam. Tujuannya agar kaki tidak terluka saat kamu harus menginjak salah satu pedal dengan cepat saat kondisi darurat. Namun tentu saja, tetap disarankan jika kamu menyetir dengan menggunakan alas kaki demi keamanan.

Bumper Tanduk

Bumper ini biasanya terbuat dari besi dan memiliki ujung yang tajam dan berada pada bagian depan bumper. Bumper ini tidak membahayakan kamu sebagai pengemudi, namun berbahaya bagi pengguna jalan lainnya.

Bumper Tanduk

Sumber Gambar : Viva

Bisa terbayang jika kamu sebagai pejalan kaki tiba-tiba terseruduk oleh bumper seperti ini? Tentunya luka yang kamu alami akan lebih parah dibandingkan jika kamu tertabrak dengan mobil dengan bumper normal.

Nah, sudah jelas bukan aksesoris apa saja yang berbahaya? Jadi, lebih perhatikan ya saat kamu memilih aksesoris untuk mobil kesayanganmu. (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *