1

Asuransi Jiwa Wajib untuk Para Single Parent

Asuransi jiwa memang tidak hanya diperuntukkan hanya untuk keluarga yang lengkap. Terlebih lagi untuk para single parent yang memang sudah wajib untuk ikut asuransi untuk menjamin dirinya dan anak-anaknya di masa yang akan datang. Tentu tidak pernah terlintas sekali pun dibenak kita untuk menjadi seorang single parent, dan tidak ingin menjadi seorang single parent benar khan ? Mendengar saja sudah terlihat sangat berat, apalagi jika benar-benar menjadi seorang single parent ? Bisa terbayangkan bagaimana susah dan beratnya.

Menjadi seorang orang tua tunggal tentu sangat berat dimana tanggung jawab untuk membesarkan, mengasuh, dan mendidik anak-anak akan sepenuhnya berada di pundaknya sendiri. Berbeda jika dilakukan berdua, tentu akan terasa mudah baik baik secara mental, emosional dan juga financial. Oleh karena itu asuransi jiwa wajib untuk para single parent, nah berikut ini beberapa tips untuk para single parent untuk mengatur asuransi jiwa biar maksimal :

  • Ikut program asuransi jiwa berjangka

Asuransi jiwa berjangka merupakan salah satu jenis asuransi yang paling simple dibandingkan jenis-jenis asuransi yang ada di pasaran. Selain itu jenis asuransi ini juga merupakan asuransi yang preminya paling murah. Sebagai orang tua tunggal, tentu ingin anak-anaknya terjaga ketika masa kanak-kanaknya.

Asuransi Jiwa Wajib untuk Para Single Parent

Nah dengan asuransi jiwa berjangka ini, kelapa orang tua bisa dengan leluasa mengatur periode perlindungan khususnya perlindungan yang spesifik. Masa atau periode perlindungan juga bisa diperpanjang. Produk asuransi jiwa berjangka bisa dimiliki secara mudah dan cepat, tanpa harus melewati proses pemeriksaan medis atau isi form yang panjang.

  • Tentukan jangka waktu perlindungan

Tentukan jangka waktu perlindungan yang akan dicover oleh asuransi. Perhitungkan usia anak dan kesanggupan finansial dalam membayar premi bulanan. Seperti jangka waktu dimana anak-anak Anda sudah mandiri secara finansial. Jika sedang ada cicilan KPR, maka ikut program asuransi setelah cicilan KPR selesai.

  • Lebih cepat, berarti lebih baik

Ada perumpamaan “lebih cepat, lebih baik”, nah ini juga berarti untuk Anda para single parent ketika memilih asuransi jiwa berjangka. Kunci untuk bisa mendapatkan asuransi jiwa dengan premi murah dengan memastikan untuk ikut asuransi sedini mungkin, di mana kesehatan masih terjaga. Biasanya beberapa perusahaan asuransi akan mengupgrade besaran biaya premi 6 bulan sebelum hari ulang tahun.

  • Jangan terlalu berharap pada perlindungan asuransi yang diberikan perusahaan tempat bekerja

Memang kini sudah banyak perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi jiwa yang diberikan untuk setiap karyawannya. Meskipun demikian, Anda juga harus memiliki polis sendiri ? Jika ketika berhenti bekerja di perusahaan tersebut, secara otomatis perlindungan dari asuransi tersebut akan terputus. Jadi, jangan terlalu bergantung pada asuransi yang diberikan dari perusahaan tempat Anda bekerja.

  • Jangan berlebihan ketika ambil premi asuransi

Ketika membutuhkan dana secara cepat, menggunakan premi merupakan menjadi salah satu cara untuk bisa mendapatkan dana yang dinginkan. Namun perlu diingat pakai premi asuransi untuk hal yang mendesak saja, jangan kurang atau pun berlebihan.

  • Cara bayar premi itu ngaruh

Banyak dari perusahaan asuransi jiwa yang terkadang dan berbaik hati memberikan diskon dalam pembayaran premi untuk 1 tahun kedepan. Selain itu ada juga yang membolehkan para nasabahnya untuk bayar premi setiap bulan dari rekening tabungan. Untuk bisa seperti itu, maka selalu aktif bertanya kepada agen asuransi jiwa mengenai keringanan atau promo apa saja yang bisa Anda dapatkan.

Selalu cek ulang polis asuransi Anda

Selalu pastikan selalu lakukan cross check polis asuransi jiwa, biasakan lakukan hal ini minimal 3 tahun sekali. Tentu ini untuk mengecek ulang biaya premi ayang akan dibayarkan berdasarkan jenis pekerjaan yang Anda geluti. Pastinya akan ada perubahaan posisi kerja yang terjadi minimal 3 tahun, seperti dulu bekerja di lapangan, dan sekarang hanya bekerja sebagai staff kantoran. Hal ini bisa ditanyakan kepada agen asuransi, apakah premi bisa berubah lebih rendah ?

Nah, untuk para single parent jangan khawatir! Asalkan bisa mengatur keuangan, tentu masa depan anak-anak bisa terjamin dengan pasti. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *