0

Awasi Penggunaan Internet Oleh Anak

Internet, sebuah teknologi yang sangat bermanfaat dan dapat mempermudah berbagai urusan kita. Bahkan, saat ini jika koneksi internet cepat sedang bermasalah, hal ini bisa menjadi masalah yang sangat besar. Seolah, tanpa adanya teknologi ini maka banyak kegiatan kita yang tidak akan bisa dilakukan. Sebegitu besarnya pengaruh positif internet ini terhadap kegiatan masyarakat saat ini, membuat teknologi ini terasa begitu penting.

Sayangnya, tidak hanya pengaruh positif saja yang dimiliki oleh teknologi ini, tetapi juga pengaruh negatif. Yap, dalam dunia internet Anda memang bisa mendapatkan berbagai informasi, dari mulai yang positif hingga yang negatif. Negatif di sini, bukan dalam artian konten yang berisi berita negatif, melainkan konten yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi yang melihat atau membacanya.

Awasi Penggunaan Internet Oleh Anak

Mungkin, bagi Anda yang sudah cukup dewasa sudah mengerti bagaimana membatasi diri agar tidak terpengaruh oleh konten negatif, sayangnya penggunaan internet saat ini juga sudah umum dikalangan anak-anak usia dini. Dalam kondisi seperti inilah, penting bagi orangtua untuk melakukan pengawasan ketat terhadap penggunaan internet pada anak. Apalagi, saat ini konten negatif ini seringkali berbentuk ads yang muncul pada berbagai blog yang berisikan informasi.

Mengawasi penggunaan internet pada anak ini emang terasa sulit, namun bukan tidak mungkin. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Pasang adblocker

Pasanglah AdBlocker pada semua browser yang ada pada gadget. Dengan cara ini, setiap kali blog mengandung Ads, maka akan terblok secara otomatis. Atau, bisa dibilang iklan (Ads) tersebut tidak akan muncul. Akan tetapi,ada beberapa blog yang tidak akan bisa dibuka saat Anda menggunakan adblocker. Jika begini, sebaiknya cobalah untuk mencari sumber informasi dari blog lainnya yang tidak memaksamu untuk melepas perlindungan adblocker.

  • Gunakan gadget tanpa sim (untuk tablet)

Anak kecil menggunakan tablet? Sudah menjadi hal yang sangat umum. Bahkan, tidak jarang ada orangtua yang dengan sengaja membelikan sebuah tablet khusus untuk anaknya, padahal masih dalam usia dini. Nah, jika Anda termasuk orangtua yang melakukannya, sebaiknya hindari membelikan tablet yang menggunakan Sim.

Dengan begitu, setiap kali anak ingin menggunakan internet, mereka akan membutuhkan bantuan Anda dan Anda bisa selalu mengawaasinya. Buatlah setting pada WiFi agar tidak terkoneksi otomatis, sehingga anak tidak akan bisa menggunakan internet tanpa sepengetahuan Anda.

  • Perhatikan lokasi peletakkan komputer

Hindari meletakkan PC ataupun laptop di dalam kamar anak. Hal ini akan membuat Anda kesulitan dalam mengawasi penggunaan internet pada anak. Sebaiknya, letakkanlah PC pada area terbuka dan minta anak untuk menggunakan laptop hanya di tempat yang bisa Anda awasi.

  • Awasi saat anak menggunakan internet

Mengawasi penggunaan internet bukan berarti Anda harus selalu berada di sampingnya hingga membuat Anda tidak bisa kemanapun meski hanya sebentar. Anda bisa mengawasi apa yang dilakukannya dengan internet sesekali. Namun, jangan terlalu melepaskannya, dan segera berikan peringatan ketika anak mulai membuka sesuatu yang dilarang. (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *