0

Bentuk Perayaan Hari Kemerdekaan Unik di Dunia

Bentuk Perayaan Hari Kemerdekaan UnikMedia Informasi Indonesia – Hari ini tepat tanggal 17 Agustus, di mana seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 69. Tetapi hari ini, 69 tahun yang lalu, Presiden pertama RI, Ir. Soekarno membacakan naskah proklamasi pertama kali yang menandakan hari kemerdekaan untuk seluruh rakyat Indonesia dari segala bentuk penjajahan yang pernah ada dan dirasakan seluruh rakyat Indonesia.

Perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia

17 Agustus tentu seperti biasa dirayakan dengan mengadakan upacara kenegaraan yang diadakan di Istana Negara yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden dan seluruh jajaran kementerian beserta tamu-tamu penting negara. Selain itu, para warga Indonesia banyak mengadakan perayaan-perayaan untuk seperti mengadakan lomba-lomba permainan tradisional dan ini kita mudah jumpai di setiap kampung-kampung di seluruh wilayah Indonesia termasuk Jakarta.

Bentuk dan Perayaan Unik Hari Kemerdekaan di Dunia

Tentu ada banyak cara dan perayaan unik yang dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan, dan ini menjadi sebuah tradisi setiap tahunnya. Selain Indonesia yang mempunyai tradisi unik dalam ikut merayakan hari kemerdekaan. Namun ada yang unik di beberapa negara yang juga merayakan hari kemerdekaan, berikut ini ada beberapa Bentuk Perayaan Hari Kemerdekaaan Unik di Dunia, seperti :

  • India – 15 Agustus

Hari kemerdekaan di India hanya selisih 2 hari saja dari Indonesia, di mana hari kemerdekaan India dirayakan setiap tanggal 15 Agustus setiap tahunnya. Yang menjadi keunikan dalam merayakan hari kemerdekaan di India adalah setiap warga negara India mengibarkan laying-layang, di mana ini merupakan simbol dari kebebasan.

Setiap tanggal 15 Agustus setiap tahunnya, langit-langit di wilayah India akan dipenuhi dan dihiasi layang-layang yang jumlahnya tidak terhitung. Semua layang-layang tersebut diterbangkan dari atap setiap rumah, untuk bentuk dan warna layang-layang tersebut pun cukup beragam. Selain hari kemerdekaan, layang-layang akan mudah dijumpai ketika musim liburan tiba.

  • Ghana – 6 Maret

Yang unik dalam perayaan hari kemerdekaan juga ada di lakukan oleh segenap rakyat di Ghana. Setiap tanggal 6 Maret setiap tahunnya, rakyat Ghana selalu mengadakan pesta jalanan untuk merayakan hari kemerdekaan. Bahkan terkadang pesta jalanan yang diadakan tidak cukup, dan lebih sering mengganti tempat perayaan menggunakan wilayah pantai.

Biasanya rakyat Ghanna akan merayakan hari kemerdekaan dengan musik dan melakukan tarian ala hip hop. Selain itu ada juga lomba yang diadakan secara turun temurun di kampung nelayan di wilayah Shama.

  • Meksiko – 16 September

Perayaan hari kemerdekaan di Mexico tentu akan berbeda dengan negara lain, di mana perayaan ini sudah dilakukan ketika malam menjelang hari kemerdekaan setiap tanggal 15 September. Memang hari kemerdekaan diperingati setiap tanggal 16 September. Khusus untuk kota Zocalo yang merupakan alun-alun kota yang terbesar di dunia, lebih dari ½ juta orang berkumpul dan menjadi pusat perayaan hari kemerdekaan.

Tradisi perayaannya pun unik, di mana Presiden Meksiko akan datang dan memberikan seruan patriotisme yang kemudian disambut dengan yel-yel “VIVA” kemudian diluncurkannya kembang api sebagai tanda perayaan dimulai.

  • Filipina – 2 Juni

Perayaan hari kemerdekaan di negara Filipina dilakukan dengan mengadakan upacara pengibaran bendera tradisional untuk selebrasi Arraw ng Kalayaan. Hari kemerdekaan juga dirayakan didedikasikan untuk merekatkan ikatan dengan anggota keluarga. Di mana setiap warga Filipina akan mengadakan jamuan makan bersama keluarga dan teman. Ini dalam rangka untuk memperingati hari di mana ketika Emilio Aguinaldo mendeklarasikan kemerdekaan Filipina dari kekuasaan Spanyol selama ini.

  • Perancis – 14 Juli

Mungkin perayaan di Perancis sedikit mirip dengan di Indonesia, di mana tradisi perayaan nya dengan mengadakan parade militer dan juga pesta kembang api yang menjadi tradisi atau ritual yang wajib bagi setiap warga negara Perancis setiap tahunnya. Mungkin ada perayaan yang unik dan merupakan tradisi yang baru di Perancis, di mana para warga akan menghadiri salah satu pesta yang diadakan oleh kelompok pemadam kebakaran. Mereka bersama merakayakan hari kemerdekaan bersama sambil menari, minum dan bernyanyi bersama.

  • Ukraina – 24 Agustus

Di Ukraina, perayaan hari kemerdekaan menjadi sangat unik di mana orang-orang ramai-ramai mengenakan pakaian tradisional Ukraina (Vyshyvanka) dan berkumpul di jalan Lviv yang merupakan tempat pusat budaya di Ukraina. Warga juga diberikan layanan berbelanja barang-barang tradisional di Rynok Square, sebellum melanjutkan perjalanan ke festival folklore internasional yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan pameran tahunan.

  • Peru – 28 dan 29 Juli

Tradisi unik di Peru dalam merayakan hari kemerdekaan adalah berkumpulnya di Miraflores yang merupakan pusat kota Lima untuk menikmati parade unik dan menarik. Parade ini berisi orang-orang yang menggunakan kostum dengan warna-warni ditambah alunan tabuhan drum yang mampu membuat semangat dan kemeriahan perayaan. Perayaan ini dilakukan selama dua hari berturut-turut pada tanggal 28 dan 29 juli setiap tahun.

  • Australia – 26 Januari

Hari kemerdekaan Australia yang jatuh pada tanggal 26 Januari, diperingati oleh warga nya dengan perayaan unik setiap tahunnya. Hari kemerdekaan yang dijadikan hari libur nasional ini, Sydney melakukan lomba perahu yang terkenal di dunia. Perayaan lain yang dilakukan seperti pesta kembang api kolosal di lakukan di Perth. Sedangkan untuk kota Melbourne sendiri mempunyai acara rakyat yang merayakan akan keberagaman bangsa.

Perayaan ini diisi oleh orang-orang dengan berjalan bersama dengan kostum warna-warni untuk ikut merayakan kesatuan Australia. Konser musik dari seluruh genre musik pun digelar diseluruh kota di Australia.

Itulah beberapa bentuk dan cara unik setiap warga negara dalam merayakan hari kemerdekaan yang selalu diadakan setiap tahunnya. Cukup unik bukan, untuk dijadikan sebagai alternatif destinasi wisata untuk mengisi liburan Anda dan keluarga ? -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *