0

Berbagi Tips dan Panduan Melakukan Pijat Bayi

Tips dan Panduan Melakukan Pijat BayiPijat bayi mempunyai manfaat besar untuk perkembangan fisik bayi Anda, khususnya organ – organ tertentu. Di samping manfaat fisik yang bisa didapat, ada manfaat secara fisikis yang bisa didapat yaitu terciptanya ikatan batin yang lebih kuat antara ibu dan bayi Anda. Telah banyak penelitian yang menunjukan bahwa bayi yang rutin diberi pijatan, mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik dan fisikis yang lebih baik. Maka dari itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai panduan melakukan pijat bayi yang baik dan benar. Sebelum melakukan pijatan ada hal yang harus Anda perhatikan . Pertama, pilihlah waktu yang saat Anda santai dan tenang. Pilihlah waktu saat sore hari atau pagi sehabis mandi. Kedua, jangan melakukan pijatan saat bayi sedang lapar atau sehabis makan, karena bayi akan rewel dan menangis. Ketiga, gunakan minyak urut yang khusus untuk bayi dengan wangi aroma terapi.

Langkah – langkah melakukan pijat bayi

Setelah memperhatikan ketiga hal diatas maka Anda sudah siap untuk melakukan pijatan pada bayi Anda. Pertama, lakukan peregangan : pegang kedua kaki bayi Anda, lalu dorong ke dalam sampai lutut menyentuh perut ( gerakan ini bisa mengakibatkan bayi Anda buang gas), setelah itu gerakan kedua kaki ke arah samping dengan gerakan memutar, hal ini bisa membuat daerah pinggul rileks, dan menghilangkan sakit perut pada bayi. Kedua, memijat lengan bayi : pegang lengan bayi dengan satu tangan, lalu tepuk tepuk dengan menggunakan tangan yang satunya. Pijat lengan bayi Anda dari mulai pangkal lengan sampai pergelangan tangan, dengan gerakan seperti memerah, bentuk pegangan seperti memegang raket. Lakukan dengan penuh perasaan.

Ketiga, memijat punggung bayi : telungkupkanlah bayi Anda di atas lantai, lakukan usapan dengan sedikit member tekanan dari pangkal leher sampai ke bokong bayi, lakukan pijatan mengikuti tulang punggung dengan pola bulat bulat kecil. Lekukan jari Anda (seperti garu) dan garuk punggung bayi ke arah bawah, lakukan dengan penuh perasaan agar bayi Anda merasa nyaman. Keempat, melakukan pijatan kaki sama dengan melakukan pijatan tangan.

Demikianlah pembahasan mengenai panduan melakukan pijat bayi.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *