0

Buah yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyerang tubuh manusia, dimana penderitanya mempunyai kadar gula yang lumayan tinggi, yang disebabkan oleh sel di dalam tubuh tidak merespon maupun memproduksi insulin dengan baik. Ketika seseorang mengalami penyakit diabetes ini, maka ia akan mendapati berbagai masalah saat hendak mengonsumsi makanan maupun minuman.

Buah Untuk Penderita Diabetes

Namun, biasanya bagi penderita diabetes ini hanya diperbolehkan untuk memakan makanan sehat dan mengandung serat tinggi. Dengan memakan makanan berserat tinggi dan sehat, tentu saja akan membuat kadar gula di dalam tubuh penderita tidak akan mengalami kenaikan.

Berbicara mengenai makanan sehat dan berserat tinggi, ternyata banyak loh makanan buah untuk diabetes, yang mampu menstabilkan kembali kadar gula di dalam tubuh penderitanya. Apa sajakah itu? Yuks, mari langsung saja disimak ulasannya di artikel ini:

  1. Kiwi. Buah kiwi merupakan salah satu buah yang sangat aman di konsumsi oleh penderita diabetes. Buah kiwi sendiri mengandung serat dan fruktosa yang sangat mudah dicerna oleh tubuh sekaligus mengandung glikemik. Sehingga, buah ini tidak akan menaikkan gula darah penderita diabetes. Selain itu, buah yang satu ini juga bisa membantu mengontrol tekanan kadar gula darah, dimana bisa meningkatkan kinerja insulin untuk menyerap glukosa.
  2. Apel. Rendahnya kandungan glikemik yang dihasilkan oleh buah apel, membuat buah ini sangat cocok sekali untuk penderita diabetes. Pasalnya, buah apel ini dapat mengurangi kadar gula di dalam darah, membantu mengendalikan gula darah, dan sangat memungkinkan sekali untuk memulihkan kesehatan si penderita dengan sangat cepat. Dengan begini, tentu saja penderita diabetes sangat dianjurkan untuk memakan buah apel ini.
  3. Pisang. Seperti yang kita ketahui, buah pisang memang dapat mengurangi lemak dalam tubuh, sehingga tidak mengherankan banyak penderita diabetes yang disuruh memakan buah ini. Kandungan mineral dan air yang terdapat di buah pisang ini, bisa mengontrol tekanan darah, memenuhi kerbohidrat, dan membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.
  4. Nanas. Siapa sangka? Buah yang yang terasa sedikit asam ini, dapat membantu menurunkan lemak sekaligus gula darah. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak penderita diabetes yang memakan buah nanas ini untuk mengurangi penyakit yang dimilikinya.
  5. Anggur. Buah berwarna ungu ini memiliki kandungan fruktosa yang sangat tinggi, sehingga dengan sangat cepat menyerap glukosa. Tingginya serat yang dimiliki oleh buah anggur ini, membuat buah yang satu ini pun sangat direkomendasikan untuk diet penderita diabetes.
  6. Jeruk. Buah jeruk sendiri memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dan mengandung antioksidan yang bisa membantu mempertahankan berat ideal seseorang. Zat antioksidan ini terdapat di dalam kulit jeruk yang menghasilkan rasa pahit. Terdapat pula zat Naringenin yang dianggap bisa membakar lemak dalam tubuh manusia. Mampunya buah jeruk membakar mempertahan berat badan serta membakar lemak, tentu sangat bermanfaat sekali untuk penderita diabetes.

Itulah beberapa buah yang sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetasol. Semoga bermanfaat!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *