0

Cara Charger Baterai Smartphone Yang Benar

Aksesoris Smartphone seperti baterai merupakan perangkat penting yang menjadi vital fungsinya dalam penggunaan smartphone. Smartphone yang kian banyak model dengan spesifikasi yang makin canggih juga menjadi digandrungi oleh para pencinta teknologi khususnya gadget. Dengan smartphone, ini bisa membantu mengerjakan banyak hal mulai dari yang berbau pekerjaan seperti cek email hingga bisa menunjang hobi seperti membaca berita, memotret sampai dengan aktifitas di berbagai media social. Tentunya melakukan semua kegiatan diatas pasti memakan baterai yang cukup banyak bahkan bisa membuat baterai menjadi lemot dan akhirnya rusak sehingga perlu membeli baterai baru.

Tips Charger Smartphone

Cara Charger Baterai Smartphone yang BenarBaterai smartphone sebagai salah satu aksesoris smartphone kini hanya memiliki waktu pakai selama 4-5 jam jika digunakan secara terus menerus. Kemampuan baterai tersebut sudah pasti tidak akan bisa menemani segala aktifitas penggunanya dalam waktu 24 jam full. Berikut ini ada beberapa Cara Charger Baterai Smartphone Yang Benar yang bisa membantu agar baterai bisa awet dan berumur panjang :

  • Jangan pernah baterai smartphone dibiarkan habis total

Kebanyakan pendapat yang mengatakan bahwa sebaiknya baterai smartphone sebaiknya dibiarkan hingga benar-benar habis sebelum di charge lagi. Pendapat itu memang benar, namun itu hanya terbatas untuk baterai yang berbahan nikel dan kin bateri jenis tersebut sudah mulai ditinggalkan. Jadi saran tersebut sudah tidak revelan.

Nah untuk baterai samrtphone-smartphone sekarang sudah menggunakan baterai yang berbahan litium-ion, di mana perawatannya pun berbeda dengan baterai berbahan nikel. Sebaiknya baterai smartphone dijaga supaya daya yang ada didalamnya masih tetap di atas 50%. Namun baterai samrtphone tersebut perlu juga dikuras hingga habis, misalnya satu kali dalam sebulan untuk keperluan kalibrasi.

  • Hindari mengisi baterai smartphone 1 malam penuh

Mengisi baterai smartphone atau handphone atau biasa disebut dengan charger smartphone dengan waktu 1 malam penuh merupakan kebiasaan yang banyak orang lakukan. Biasa smartphone yang terhubung dengan charger ditinggal tidur dan baru dicabut ketika bangun ternyata tidaklah baik. Meskipun ada beberapa jenis charger yang bisa memutus arus listrik ketika daya sudah full terisi dalam baterai, membiarkan baterai tetap dalam kondisi 100 % pun juga tidak baik.

Namun mengisi baterai hanya sebentar saja hingga terisi full secara berkali-kali malah justru lebih baik untuk kesehatan baterai dibanding dalam kondisi 0 % atau 100% secara terus menerus. Namun baterai lithium ternyata sangat rawan jika dibiarkan terlalu sering kehabisan daya, karena komponen baterai tersebut ternyata bisa merusak baterai itu sendiri dan mencegah baterai tidak meledak. Walaupun demikian, pengguna harus tetap waspada selalu.

  • Hindari tempat yang panas

Usahakan untuk menghindarkan smartphone dari tempat-tempat yang panas, seperti di dashboard mobil atau di bawah kaca depan mobil meskipun smartphone dalam keadaan mati sekali pun. Ini karena panas mampu merusak baterai smartphone lebih cepat. Untuk jenis baterai lithium, cocoknya disimpan dalam suhu 15 derajat celcius. Adapun suhu ekstrim yang tidak mampu merusak baterai smartphone yaitu antara minus 40 – 50 derajat celcius.

  • Minimalkan penggunaan power bank

Menggunakan power bank memang benar, namun menggunakan power bank sebaiknya dilakukan jika tidak ada aliran listrik dan sedang dalam perjalanan. Namun sebaiknya jika sebelum berpergian, maka charger baterai hingga penuh.

  • Langsung menghubungkan ke sumber arus listrik

Mengisi baterai langsung ke sumber arus listrik merupakan cara yang paling disarankan. Walaupun sekarang sudah diperkenalkan metode pengisian baterai secara nirkabel, tenyata metode itu bisa menghasilkan panas yang tidak baik untuk baterai smartphone.

Dengan langsung menghubungkan ke sumber arus listrik, ini jauh lebih aman dan baterai malah lebih cepat terisi jika dibandingkan menghubungkan smartphone dengan komputer via USB.

Jadi, dengan mengaplikasikan beberapa tips mengisi baterai smartphone dari artikel informasi di atas  bisa membuat baterai smartphone menjadi lebih awet dan tahan lama. Silahkan untuk mencoba!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *