0

Cara Dignosa Penyakit Berat Atau Ringan

Jenis-jenis penyakit serius yang menyebabkan kematian seperti tumor otak atau kanker paru-paru, memiliki gejala yang cukup umum sama seperti pada penyakit ringan. Ini menyebabkan sebagian masyarakat banyak yang menganggap hal itu merupakan hal sepele gejala yang mereka alami merupakan gejala penyakit ringan biasa. Hal ini menyebabkan tingginya kasus dan tingkat kematian akibat terlambatnya diagnosa terhadap suatu penyakit.

Sebagian masyarakat lain justru sebaliknya, mereka akan langsung merasa panik ketika mengalami gejala-gelaja seperti sakit kepala atau batuk yang berulang karena merasa mempunyai riwayat penyakit yang serius dan butuh penanganan lebih lanjut. Sehingga mereka langsung menyimpulkan sendiri atau mendiagnosa sendiri dan menjadikan rasa panik. Jika sudah seperti ini, maka dibutuhkan pengetahun untuk dapat membedakan gejala-gejala penyakit serius atau penyakit ringan. Setidaknya ada 2 jenis penyakit yang mempunyai gejala yang hampir sama baik penyakit berat maupun ringan dan berikut Cara Diagnosa Penyakit Berat atau Ringan  :

Sakit Kepala Berulang

Sakit Kepala BerulangSakit kepala yang berulang, bisa juga dikategorikan sakit kepala biasa atau sakit kepala tension yang mengalami sakit luar biasa seperti diikat mulai dari pelipis, dahi kemudian bagian belakang kepala dan leher. Biasanya sakit kepala berulang biasanya dikarenakan karena kurang tidur, letih yang berlebihan. Penyakit ini juga perlu diwaspadai karena bisa jadi adanya jaringan yaitu tumor otak atau di kepala. Namun jangan panik terlebih dahulu, ada cara membedakannya antara sakit kepala biasa atau tumor otak.

  • Sakit kepala tension / biasa bisa terjadi di pagi, siang, dan malam. Namun yang membedakan jika sakit kepala yang diakibatkan adanya jaringan tumor otak bila sakit kepala tersebut mampu membangunkan Anda ketika sedang tidur. Kenapa ? Karena ketika tidur, kita menghirup nafas hanya sedikit dan ini mengakibatkan karbon dioksida (CO2) lebih banyak ada di dalam tubuh dan ini meningkatkan tekanan pada kepala. Tekanan pada kepala yang meningkat dan adanya jaringan tumor otak mampu mengakibatkan tekanan di kepala makin bertambah dan mampu membangunkan ketika Anda tidur kata lain situasinya.
  • Cara membedakan lainnya yang cukup sederhana jaringan tumor otak atau sakit kelapa tension dengan membungkuk. Kepala diposisikan lebih rendah daripada punggung, kemudia gelengkan kepala. Apabila rasa sakit terus bertambah, maka dipastikan adanya jaringan tumor otak yang ada di kepala.

Batuk Kronis dan tidak kunjung sembuh

Memang terkadang batuk berulang dan tidak kunjung sembuh, banyak orang yang langsung mendiagnosanya dengan penyakit kanker paru. Namun tidak perlu panik, bisa jadi batuk yang berulang dan kunjung sembuh tersebut disebabkan olehsalah satu sindrom PND (Post Nasal Drip). Sindrom tersebut merupakan kondisi di mana rongga hidung manusia selalu menghasilkan cairan dan ini normal karena salah satu cara tubuh untuk mempertahankan diri.

Batuk Kronis

Mengapa sering batuk atau sering bertahak ? Kondisi ini jika terjadi terus menerus merupakan dari bagian dari sindrom PND tersebut. 80 % orang yang mengalami batuk secara terus menerus adalah PND. Cara mengurangi minum air hangat jika sering batuk atau bertahak. Namun jika terkena kanker paru, jika batuk terus menerus dibarengi dengan keluarnya darah.

Semoga dengan artikel informasi mengenai cara diagnosa penyakit dapat memudahkan Anda dalam menentukan mana penyakit berat atau ringan yang dapat diprioritaskan dalam hal penanganan. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *