0

Cara Maksimalkan Layanan Data Center dan Colocation

ColocationLayanan data center dan colocation Jakarta Indonesia kini mulai banyak yang aware dan telah menggunakannya sebagai penunjang operasional bisnis yang dijalankan. Namun ada pertanyaan, apakah data center dan colocation saya efisien ?? Pertanyaan tersebut sudah pasti akan ada dari para pengguna dan setiap provider data center harus bisa menjawab pertanyaan tersebut. Ketika teknologi informasi menjadi sebuah jantung dari sebuah bisnis, maka memiliki data center dan colocation yang bisa diandalkan adalah perkara wajib dan sebuah keharusan. Apalagi data center dan colocation mempunyai fungsi penting sebagi Business Continuity dan Disaster Recovery Plan.

Membangun Business Continuity dan Disaster Recovery Plan yang efektif dan juga efisien bukanlah jadi patokan yang esensial. Namun jika dilihat dengan adanya isu yang kini berhembus kencang mengenai keterbatasan dan makin tingginya harga energi, ini yang membuat kepemilikian data center yang efektif menjadi hal utama yang harus menjadi perhatian setiap pemilik bisnis. Oleh karena itu, dibutuhkan proses evaluasi yang mendalam untuk hal efisiensi sebuah data center khususnya masalah infrastruktur berupa komponen-komponen yang punya daya konsumsi paling tinggi.

Nah, untuk mempermudah dan memperdalam proses evaluasi ada dua tahapan yang harus dilakukan untuk membuat layanan data center dan colocation menjadi lebih maksimal seperti

  • Pertama, datangi dan masuk ke dalam sistem data center dengan menggunakan aplikasi yang bisa menganalisa setiap kompenen, tata letak, setting operasional, dan beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab terjadinya masalah yang bisa merusak sistem yang ada. Selain itu lakukan pengecekan lain seperti konfigurasi rak server, kapasitas yang masih tersedia di UPS dan juga baterai sekaligus aliran distribusi udara di dalam data center.
  • Kedua, lakukan analisa dari hal evaluasi tahap pertama tadi dengan menggunakan data-data yang ada. Susun dalam penilaian yang bisa memudahkan Anda menilai performa data center tersebut, apakah efektif atau tidak. Selain itu, perhatikan dan lakukan beberapa hal yang direkomendasi kan dari tim ahli. Biasanya rekomendasi dari para tim ahli ini berupa prioritas, sehingga ini memudahkan pemilik bisnis untuk bisa segera bertindak untuk memperbaiki sehingga data center dan colocation bisa bekerja dengan efektif sekaligus meningkatkan efisiensi.

Lakukan kedua hal ini secara berkala untuk menghindari terjadinya masalah-masalah yang akan mengganggu operasional bisnis Anda kedepannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda para pengguna layanan data center dan colocation! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *