0

Cara Memilih Ban Motor Matic

Ban Motor MaticInformasi Otomatif – Ban merupakan perangkat atau elemen penting sebuah kendaraan sepeda motor. Sebagai pengguna sepeda motor, sebaiknya memilih dengan selektif jenis ban sebelum membeli. Perlu diketahui juga kini banyak beredar jenis dan merk ban yang dikeluarkan baik oleh produsen yang memproduksi motor tersebut maupun distributor ban sepeda motor resmi bahkan distributor spare part motor yang menjual seluruh kebutuhan sepeda motor termasuk ban.

Tips Lengkap Pilih Ban Motor Matic

Banyak pengendara sepeda motor yang menyepelekan beberapa hal ketika memilih jenis ban. Padahal jika memilih secara sembarang, maka ini bisa berdampak fatal ketika berkendara nanti. Jadi, memilih ban untuk sepeda motor ternyata bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Khususnya untuk motor matic, di mana jenis ban yang digunakan tentu berbeda dengan motor biasa. Nah, bagi Anda yang memiliki motor matic, berikut ini beberapa Cara Memilih Ban Motor Matic :

  • Pilih ban motor dengan brand atau merk yan memang sudah terbukti kualitasnya

Sudah disebutkan di atas, bahwa banyak baik distributor resmi maupun distributor spare part motor yang menawarkan berbagai merk dan jenis ban sepeda motor terbaik. Biasanya kita akan cenderung untuk memilih jenis ban sepeda motor karena harga, namun ingat belum tentu harga murah itu menjamin kualitas terbaik. Jadi pilihlah ban dengan merk yang memang sudah teruji kualitasnya.

  • Lihat bentuk kembangan pada ban

Ini juga sering diabaikan oleh para pengguna sepeda motor. Maka ketika memilih-milih ban, usahakan untuk melihat bentuk kembangan pada ban. Sehingga ketika digunakan ban tersebut tidak mudah selip dan motor matic Anda dapat melaju kencang.

  • Cari informasi mengenai waktu ketahanan ban tersebut

Tentu semua orang pengguna motor menginginkan bahwa ban yang dibelinya dapat tahan lama. Oleh karena itu, biasakan untuk cari informasi terlebih dahulu jenis ban yang akan beli nanti. Atau ketika datang ke distributor spare part motor, tanyakan saja langsung kepada si pegawai atau montir yang biasanya lebih paham.

  • Pilih ban sesuai dengan ukuran

Untuk motor matic, maka Anda harus memilih ban yang memang khusus untuk motor matic. Biasanya untuk motor matic produksi tahun 2009, sebaiknya menggunakan ban yang berukuran 70/90 dan 80/90. Sedangkan untuk motor matic yang diproduksi tahun di atas tahun 2010, pilihan ukuran ban yang tepat adalah 80/90 dan 90/90.

  • Cek tahun pembuatan ban tersebut

Ban dengan kualitas terbaik akan terlihat dari umur ban yang berdasarkan tahun pembuatannya. Maka ketika memilih ban, lihatlah selalu tahun pembuatan ban tersebut. Umur ban sebaiknya jangan melebihi 6-12 bulan dari tahun pembuatannya. Biasanya info ini tertera di ban dengan kode angka, seperti contoh kode 0912. Angka 09 merupakan minggu dari waktu produksi, sedangkan 12 adalah tahun pembuatan ban tersebut.

Demi keamanan dan kenyamanan ketika berkendaran sepeda motor matic, maka telitilah ketika memilih ban sebelum membeli. Semoga bermanfaat! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *