1

Cara Menjaga Kehamilan dengan Perhatikan Posisi Tubuh

Cara Menjaga Kehamilan dengan Perhatikan Posisi TubuhCara menjaga kehamilan tentu akan dilakukan demi menjaga si jabang bayi yang ada di dalam perut sang ibu. Mengalami masa-masa kehamilan bagi seorang wanita merupakan sebuah anugerah yang indah. Oleh karena itu setiap wanita yang sedang mengandung tentunya harus senantiasa menjaga kehamilannya dengan berbagai cara.

Cara menjaga kehamilan memang cukup banyak, termasuk memperhatikan posisi tubuh ketika beraktivitas. Semakin tua masa kehamilan seorang ibu, tentu akan perut semakin besar dan ini pasti menyulitkan ketika akan melakukan aktivitas sehari-hari. Seorang ibu akan lebih memperhatikan posisi apa yang membuat dirinya dan janinnya merasa nyaman. Nah, bagaimanakah cara menjaga kehamilan dengan perhatikan posisi tubuh ? Berikut penjelasannya

Berjalan
Untuk aktivitas berjalan para ibu, usahakan ketika berjalan dengan kepala tegak dan menghadap ke arah depan. Usahakan juga untuk selalu menjaga bahu untuk tetap tegak, dan pastikan posisi kaki sama rata sehingga membantu menahan berat tubuh Anda. Coba untuk sementara tidak gunakan high heels karena disamping bisa membuat Anda cepat lelah, ini juga bisa mengganggu kesehatan si jabang bayi. Bahkan kelelahan menjadi faktor penyebab keguguran pada trimester pertama kehamilan.

Berdiri
Khusus untuk ibu dengan usia kehamilan tua, hindari berdiri dengan posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Namun jika tetap diharuskan untuk berdiri, maka pastikan untuk selalu angkat satu kaki ketika beristirahat di kursi dan lakukan ini bergantian. Khusus ketika melakukan aktivitas di dapur, sebaiknya lakukan hal tersebut setiap 5 hingga 15 menit untuk menghindari kelelahan.

Duduk
Posisi duduk untuk para ibu hamil dianjurkan posisi duduknya untuk meluruskan antara punggung dengan bahu dengan posisi seperti sedang ditarik ke belakang. Faktor meningkatnya berat badan Anda, ini akan juga mempengaruhi semua otot tubuh sehingga bisa menyebabkan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Kondisi ini akan menyebabkan para ibu hamil akan merasa kesulitan dalam mendapatkan posisi ternyaman. Jangan terlalu lama duduk dengan posisi yang sama, karena akan rentan sekali terasa nyeri pada kaki. Maka dari itu, gantilah posisi duduk selama 30 menit sekali.

Bangun dari posisi tidur
Untuk ibu hamil, setengah waktunya akan digunakan untuk beristirahat misalnya saja tidur. Nah, ibu hamil akan mengalami kesulitan ketika bangkit dari posisi tidur. Namun ini bisa diatas dengan terlebih dahulu memiringkan tubuh sebelum beranjak bangun dengan menyimpan satu tangan pada bagian sisi tubuh Anda. Geser secara perlahan tangan Anda untuk membantu Anda bangkit. Tarik nafas sepanjang mungkin untuk membantu Anda menjadi rilex setelah bangkit dari posisi tidur.

Ambil benda yang jatuh
Ibu hamil juga akan merasa kesulitan ketika akan ambil benda yang posisinya lebih rendah dari badannya. Cara paling aman dan jitu adalah mencoba bertumpu atau pegangan dengan benda yang kuat untuk menompang berat badan Anda, dan juga menjaga keseimbangan tubuh Anda. Setelah semua itu, kemudian perlahan mulailah mengambil benda tersebut.

Angkat barang
Banyak ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk tidan mengangkat-angkat barang apapun, apalagi angkat barang dengan bobot lebih dari 5 kg. Jika tetap harus mengangkat, maka usahakan untuk membagi menjadi beberapa bagian untuk menghindari dan tidak mengganggu kesehatan si janin yang ada di perut Anda.

Semoga bermanfaat untuk Anda para ibu hamil untuk membantu menjaga kehamilannya meskipun tetap beraktivitas! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *