0

Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga yang Pas-Pasan

Keuangan keluarga yang pas-pasan bukanlah menjadi suatu kendala dalam mengatur keuangan keluarga anda. Anda mungkin akan kebingungan saat tahu kebutuhan keluarga lebih besar dibandingkan dengan penghasilan suami, salah satu cara untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan mengatur keuangan keluarga, dengan mengatur keuangan anda dapat menyiasati pengeluaran yang harus anda keluarkan dan menyiapkan pengeluaran untuk bulan depannya. Gaji yang suami atau anda terima tiap bulannya tidak selalu berubah lebih banyak oleh karena itu anda harus menyesuaikan gaya hidup dengan pemasukan yang anda miliki bukan sebaliknya.

Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

Mengatur keuangan keluarga yang pas-pasan memang tidak mudah anda harus bisa pintar-pintar mengatur prioritas mana yang harus didulukan mana yang harus di korbankan. Ketahui mana yang kebutuhan mana yang keinginan, dahulukan kebutuhan sebelum keinginan. Cara lain yang harus anda perhatikan untuk mengatur keuangan adalah, dengan :

  • Pahami kebutuhan keluarga tiap bulannya

Ketahui berapa pemasukkan yang keluarga anda dapatkan tiap bulannya, lalau buat list anggaran pada tiap bulannya, sesuaikan dengan pemasukkan anda, bila kebutuhan masih melebihi pemasaukkan anda akali dengan mengurangi biaya yg lain, seperti biaya liburan, belanja baju baru ataupun arisan.

  • Hindari hutang

Sebisa mungkin hindari memiliki hutang, bila anda sudah terlanjur memiliki hutang usahakan untuk membayar secara perlahan-lahan dan tidak membuat hutang dengan orang lain.

  • Menabung

Bila anda masih memiliki uang sisa pada bulan tertentu usahakan untuk menabungnya.Dengan menabung anda akan memiliki uang simpanan yang dapat anda gunakan dalam situasi terdesak.

Mengatur keuangan keluarga yang pas-pasan memang cukup sulit tetapi anda juga dapat meminta bantuan kepada orang di sekitar anda yang dapat anda percaya, anda juga dapat meminta bantuan pada pihak yang ahli seperti berkonsultasi dengan Futuready yang dapat memberikan solusi bagi keuangan keluarga anda. Cara lain untuk memenuhi kebutuhan keluarga anda adalah dengan meningkatkan pendapatan melalui cara mencari pekerjaan tambahan seperti dengan berjualan, dengan cara ini anda akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *