0

Cara Sukses Membangun Bisnis Sendiri

Cara Sukses Membangun Bisnis SendiriMembangun bisnis khususnya bisnis sendiri pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi kita sebagai orang yang awam dan tidak mempunyai pengalaman di bidang bisnis, membangun bisnis sendiri akan memerlukan pengorbanan. Karena memiliki bisnis atau usaha sendiri dan menikmati kesukseksan akan perjuangan sendiri rasanya akan lebih menyenangkan. Hanya saja, imajenasi kesuksesan akan lebih cepat hilang dengan kesulitan yang terbayang ketika akan memulai usaha atau bisnis sendiri.

Tips Membangun dan Mengembangkan Bisnis Sendiri

Menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur memang kini merupakan solusi untuk mendapatkan keuntungan. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang wirausaha ini, menurut Andi S. Boediman (Chairman of Ideoworks – e-commerce partner) tidak sulit. Untuk itu, berikut ini tips dan Cara Sukses Membangun Bisnis Sendiri dari Andi

  • Memulai dari hal yang simpel

Ketika sudah berniat menjadi seorang entrepreneur, maka harus menentukan terlebih dahulu jenis usaha atau bisnis yang akan digeluti seperti berdagang baik offline maupun online. Namun bingung memilih jenis produk apa yang akan nanti dijual ? Jangan pusing, dan cobalah dari hal yang simpel dan ada di lingkungan sekitar (kebutuhan sehari-hari).

Biarpun sebagai orang awan, menurut Andi sebagai seorang wirausahawan berpikir praktis justru sangat dibutuhkan bahkan bisa membawa pada masa kesuksesan bisnis Anda kedepannya. Andi menambahkan, biasanya pola piker praltis dan simpel ini akan ada pada perempuan. Sebaliknya laki-laki malah berpikir keras dan memilih produk yang aneh bahkan rumit untuk bisa menarik minat konsumen.

  • Diferensiasi produk

Menurut pengalaman Andi, banyak para wirausahawan justru sulit membangun bisnis yang digeluti karena produk atau jasa yang sama dengan produk atau jasa yang kini menjadi menjadi trend di pasaran. Chairman of Ideoworks – e-commerce partner ini menganjurkan untuk memilih produk yang berbeda dan unik dengan produk yang sudah ada, namun tidak harus selalu dari bentuk barang nya. Karena unik dan berbeda itu bisa diambil dari cerita di balik pembuatannya, packaging, bahkan bisa dengan cara mengkombinasikan produk.

Oleh karena itu diferensiasi produk menjadi hal yang penting bagi sebuah bisnis, di mana dengan cara ini memudahkan para konsumen akan lebih mudah mengenalinya. Strategi membangun bisnis seperti ini bisa lebih efektif demi perkembangan bisnis nantinya.

  • Gunakan strategi promosi yang praktis, murah, dan jitu

Promosi merupakan strategi penting yang harus dijalankan dalam membangun bisnis. Meskipun penting, promosi juga harus dilakukan menggunakan strategi yang jitu. Jadi tidak boleh sembarangan, karena biaya promosi kini tidak lah murah. Tentu banyak strategi promosi yang bisa dilakukan seperti,menyebar flyer atau menggunakan spanduk berukuran besar.

Promosi akan berkaitan dengan biaya, di mana promosi akan membutuhkan bahkan bisa menghabiskan banyak uang. Menurut Andi, cara ini kurang relevan dan hanya menghambur-hamburkan uang saja tanpa ada hasil yang signifikan. Andi menyarankan, kenapa tidak melakukan promosi menggunakan media social seperti Facebook, BBM, atau Twitter? Di mana kini social media tersebut gratis, mudah, bahkan pengguna nya mencapai miliaran orang di seluruh dunia. Selain sebagai media promosi, social media bisa juga akan lebih mendekatkan Anda dengan konsumen-konsumen seperti update kepada konsumen dan calon konsumen.

  • Jangan terlalu berlebihan untuk masalah interior

Ketika membangun bisnis, pasti tidak hanya menggunakan media online saja tetapi pasti akan membutuhkan offline seperti store. Nah, Andi memberikan info bahwa biaya terbesar dalam membangun bisnis itu pada biaya membangun toko beserta interiornya. Karena biasanya konsumen tidak akan mudah percaya ketika akan bertransaksi dengan media online tanpa tahu dan meliaht dulu offline store nya.

Menurut Andi, memang penting mendesain toko offline untuk mendukung proses membangun bisnis. Sehingga para konsumen akan lebih berkesan ketika berada di dalam nya. Namun untuk meminimalkan biaya, Anda menyarankan untuk bisa lebih kreatif dalam mendesain store offline seperti menggunakan benda-benda unik namun murah harganya untuk menghias store offline.

  • Sediakan opsi cara pembayaran

Sudah seharusnya, jika bisnis kita adalah menjual produk maka tentu kita harus menyiapkan opsi cara pembayaran. Menurut Andi, seorang wirausaha harus sudah siap akan konsekuensi ini dengan menyediakan berbagai alternatif metode pembayaran untuk setiap transaksi untuk memudahkan konsumen ketika bertransaksi. Ini juga merupakan modal penting dalam proses membangun bisnis.

Semoga tips dan cara membangun bisnis sendiri yang diberikan bisa memudahkan Anda yang ingin membuka dan mengembangkan bisnis sendiri. -apuy

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *