0

Cara Terbaik Menurunkan Kolesterol Jahat

Cara mengecilkan perut terbaik adalah dengan berusaha sekuat tenaga untuk mampu menerapkan pola hidup sehat. Selain itu perlu juga menurunkan kolesterol jahat yang biasa ada pada makanan-makanan yang tidak sehat, seperti fast food, makanan bersantan, gorengan, dan lain-lain. Kolesterol memang merupakan sumbernya penyakit yang harus dihindari. Apalagi untuk jenis kolesterol jahat, di mana bisa menyerang siapa pun bahkan tidak mempedulikan masalah usia. Karena itu kini penderita penyakit kolesterol makin bertambah padahal umurnya belum menginjak kepala 30.

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari kolesterol tinggi ? Banyak pakar kesehatan termasuk para dokter menyarankan pola hidup sehat dengan porsi olahraga yang cukup, kadar kolesterol bisa berkurang bahkan bisa normal kembali. Pada dasarnya tingkat kolesterol menjadi tinggi karena dipicu oleh makanan. Ditambah lagi dengan pola makan yang tidak teratur sekaligus asal memilih jenis makanan yang akan dimakan.

Kenali Jenis Kolesterol

Pada dasarnya makanan mempunyai 3 kandungan zat di dalamnya, seperti karbohodrat, protein dan lemak. Setiap zat tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri, di mana yang kita sama-sama ketahui bahwa karbohidrat adalah sumber energi. Sedangkan protein diperlukan untuk membantu proses perganti sel yang mati sekaligus dukung proses pertumbuhan. Lemak sendiri merupakan dinding sel, zat pelarut vitamin, dan membantu menciptakan enzim-enzim yang bermanfaat untuk tubuh.

Ketiga zat tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah dalam tubuh jika tidak dikontrol secara baik. Namun dari ke-3 zat tersebut yang paling berbahaya adalah lemak. Menurut pakar kesehatan yakni Profesor Dr Hans Tandra PhD PhdSpPD-KEMD FINASIM FACE yang juga sebagai konsultan enokrinologi bahwa “lemak inilah yang menjadi pemicu adanya kolesterol”. Tidak semua kolesterol itu buruk dan jahat untuk tubuh, karena menurutnya ada kolesterol yang baik dan berguna untuk tubuh.

  • HDL (High Density Lipoprotein)

HDL ini yang disebut sebagai kolesterol baik, kenapa demikian ? Profesor Dr Hans Tandra PhD PhdSpPD-KEMD FINASIM FACE menjelaskan bahwa HDL ini justru membawa kolesterol dari pembuluh dari ke hati dan kemudian dipecahkan setelah itu dikeluarkan.

  • LDL (Low Density Lipoprotein)

Ini dia yang merupakan kolesterol jahat, di mana LDL sendiri memiliki tingkat kepadatan proteinnya lebih rendah. Biasanya ini sudah menempel bahkan mengendap di dalam pembuluh darah, dan ini adalah pangkal masalah sekaligus sumber timbulnya berbagai penyakit mulai dari kegemukan (perut buncit) yang akan berakibat jantung koroner (penyumbatan dan penyempitan pembulah darah pada jantung). Selain jantung koroner, stroke juga akan terjadi ketika penyempitan pembuluh darah terjadi.

Atasi Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Cara Terbaik Menurunkan Kolesterol JahatSudah disebutkan bahwa kolesterol tinggi dipicu dari jenis makanan yang dimakan. Bahkan faktanya, makanan yang digoreng dan terdengar bunyi “KRIUK” maka ini sudah pasti ada kandungan kolesterol jahat (LDL) di dalamnya. Nah, selain makanan yang diproses dengan cara digoreng ada beberapa jenis makanan yang bukan tidak boleh dikonsumsi tapi dikurangi porsinya saja. Apa saja jenis makanan tersebut :

  • Daging merah (bebek atau sapi).
  • Sea food (udang, kepiting, cumi).
  • Jeroan.
  • Kuning telur.
  • Santan.
  • Goreng-gorengan.

Selain mengurangi dan menghindari beberapa jenis makanan, ada beberapa hal lagi untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh :

  1. Olahraga rutin. Melakukan olahraga rutin bisa membantu ketahanan tubuh dari penyakit. Selain itu olahraga rutin bisa juga menurunkan kolesterol jahat, minimal menggerakkan badan meskipun hanya jogging setiap pagi. Jika tidak kuat untuk jogging, maka jalan kaki pun sudah cukup.
  2. Perbanyak konsumsi makanan sehat. Tentu hal ini sudah pasti harus dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi dan beberapa cara mengecilkan perut alami dan jauh lebih sehat. Usahakan untuk rutin dan teratur serta porsi makan pun harus diperhatikan.
  3. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Penting neh untuk Anda yang berusia di atas 50 tahun, untuk menjaga kesehatan dan membuat tingkat kolesterol dalam tubuh tetap stabil.
  4. Usaha untuk hindari rokok dan stres. Kedua hal ini merupakan pemicu utama dari penyempitan pembuluh darah dalam tubuh. Khususnya rokok yang banyak mengandung bahan-bahan berbahaya.
  5. Usaha untuk menjaga berat badan proporsional Anda. Kebanyakan para penderita kolesterol tinggi dan penyempitan pembuluh darah pada jantung memiliki berat badan yang gemuk. Maka cara mengecilkan perut dan menurunkan berat badan dengan diet sehat bisa jadi opsi terbaik.
  6. Ubah gaya hidup sehari-hari. Ini yang menjadi kunci utama, di mana dengan Anda merubah pola hidup tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
  7. Kurangi ngemil. Ngemil tentu mengasyikan, apalagi ditambah ketika sedang santai di rumah. Tapi kebiasaan ngemil ini justru juga menjadi faktor lain pemicu meningkatkan kadar kolesterol jahat, apalagi ngemil nya tidak sehat. Banyak saran untuk mengganti kebiasaan ngemil dengan makan buah saja, di samping sehat sudah pasti aman buat tubuh karena banyak vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan.
  8. Usahakan untuk tidak malam terlalu malam. Ini dia neh kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu makan malam terlalu malam (tengah malam/dini hari). Kebanyakan orang tentu menyukai hal ini, apalagi yang pekerjaannya memang dilakukan pada malam hari. Banyak saran yang diberikan oleh dokter , dimana menganjurkan untuk tidak makan ketika telah melewati jam 7 malam. Tidak makan terlalu malam juga bagus untuk membantu proses penurunan berat badan dan cara mengecilkan perut.

Mau hidup sehat dan terbebas dari masalah kolesterol jahat dan berbagai penyakit lainnya ? Atau tetap dengan pola hidup Anda yang kini dijalani ? Semua tergantung pilihan dari akal sehat Anda! Semoga informasi kesehatan ini bisa membantu! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *