0

Cara Terbaik Merawat Gitar Akustik

Gitar Akustik merupakan salah satu jenis gitar yang banyak digunakan para pemula yang ingin belajar bermain alat musik gitar. Gitar Akustik sangat cocok untuk memainkan jenis musik klasik. Namun dengan bermain gitar akustik ini, akan lebih memudahkan ketika kita akan beranjak untuk memainkan jenis lainnya seperti gitar elektrik. Ibaratnya gitar akustik ini merupakan step awal untuk kita bisa memainkan jenis gitar lainnya. Harga gitar akustik ini sangat bervariasi di pasaran mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang lumayan mahal.

Cara Terbaik Merawat Gitar Akustik

Gitar Akustik juga sama dengan barang lainnya yang tentunya membutuhkan perawatan yang baik dan berkala. Karena dengan perawatan tersebut, jenis gitar ini akan lebih tahan lama dan awet sekaligus tetap bisa menghasilkan suara yang bagus. Mulai dengan perawatan ringan sampai dengan perawatan yang eksklusif untuk bisa menjaga gitar akustik menjadi tahan lama, adapun beberapa Cara Terbaik Merawat Gitar Akustik :

  • Gunakan case gitar

Tidak hanya smartphone yang membutuhkan case, gitar akustik pun sama di mana case gitar akustik ini berguna untuk melindungi bodi gitar dari debu, kotoran, atau benturan dengan benda lainnya yang bisa mengakibatkan bodi gitar ini menjadi tergores dan lecet. Jenis casenya pun sama dengan smartphone di mana case gitar akustik ada 2 jenis, yaitu soft case dan hard case. Namun biasanya para musisi lebih banyak menggunakan hard case yang terbuat dari bahan kayu atau plastik sehingga ini sangat aman menjaga bodi gitar.

  • Senar gitar yang harus selalu bersih

Senar merupakan bagian penting dalam alat musik seperti gitar akustik. Nah, perhatikan dan selalu bersihkan senar gitar setelah selesai bermain gitar. Karena tanpa kita sadari, pada saat bermain gitar, tangan kita akan mengeluarkan keringat yang bisa menyebabkan senar gitar biasanya akan mudah berkarat. Untuk membersihkan nya, pakailah kain lembut dengan ditambahkan cairan string cleaner yang biasa dijual di toko alat musik.

  • Kendurkan senar gitar jika tidak digunakan

Mengendurkan senar gitar jika tidak dipakai dalam waktu yang lama. Hal ini mampu mengecilkan resiko neck atau leher  gitar menjadi bengkok, namun memang ini hanya kemungkinan kecil tapi resiko nya akan pasti terjadi dengan perlahan-lahan

  • Selalu bersihkan fretboard

Fretboard bisa dikatakan sebagai sarangnya kotoran akibat keringat baik dari jari dan tangan ketika memainkan gitar. Jika dibiarkan terlalu lama, maka ini bisa menjadi kerak. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk selalu membersihkan fretboard setelah selesai bermain atau ketika mengganti senar. Biasanya banyak yang menggunakan minyak kayu putih dengan juga menggunakan lap tipis dengan bahan yang halus.

  • Usahakan jauhkan gitar dari air

Jangan mainkan gitar ketika hujan sama seperti video-video klip para pemain band, Ini sangat tidak dianjurkan, karena bahan gitar akustik yang biasa tersebut dari kayu sangat sensitif dan bisa rusak parah jika terkena air.

Dengan artikel informasi mengenai tips merawat gitar akustik diatas, bisa membuat gitar akustik milik Anda bisa tahan lama! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *