0

Cegah Penyakit Pernafasan yang Disebabkan Alergi

Cegah Penyakit Pernafasan yang Disebabkan AlergiMedia Informasi Indonesia – Pernapasan merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, maka sudah seharusnya kita menjaganya agar tidak terkena gangguan seperti penyakit pernafasan. Penyakit yang menyerang pernafasan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah karena alergi.

Penyakit pernafasan yang disebabkan oleh alergi ini sebenarnya bisa lebih mudah untuk dicegah dibandingkan dengan yang disebabkan oleh faktor lain. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan bahkan untukĀ Cegah Penyakit Pernafasan yang Disebabkan Alergi, di antaranya:

  • Ketahui penyebab alergi (alergen)

Alergen adalah sesuatu yang bisa menjadi pemicu terjadinya alergi. Alergen atau pemicu alergi ini bisa bermacam-macam bentuknya, misalnya saja debu, serbuk sari, asap, dan sebagainya. Dengan mengetahui secara pasti apa penyebab alergi ini bisa membanui kita untuk bisa menghindarinya.

  • Perhatikan aliran udara

Alergi yang memicu penyakit pernafasan bisa terjadi ketika ada alergen di udara dalam ruangan yang kita tempati, karenanya sangat penting untuk memastikan bahwa udara tersebut bersih dari alergen. Cara yang bsia dilakukan adalah dengan menggunakan AC yang sanggup menghilangkan 90%-95% partikel dari udara dalam ruangan tersebut. Menutup pintu dan jendela juga bisa membantu mencegah alergen seperti serbuk sari untuk memasuki rumah kita.

  • Bersihkan diri setiap habis bepergian

Ketika kita pulang ke rumah setiap habis dari bepergian , kita juga membawa pulang partikel-partikel yang bisa menjadi penyebab alergi dari luar, yang menempel di baju, sepatu, rambut, dan kulit kita. Segeralah mandi setiap habis bepergian untuk menghilangkan alergi yang terbawa tadi. Tanggalkan sepatu di luar rumah untuk menjaga alergen tidak terbawa masuk.

  • Konsumsi vitamin D

Mengonsumsi setidaknya 200 IU Vitamin D setiap hari terbukti bisa mengurangi alergi pada pernafasan. Selain dari suplemen, beberapa sumber vitamin D lainnya adalah minyak ikan dan lemak ikan, seperti tuna dan salmon.

  • Gunakan masker

Biasakan untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar yang memungkinkan kita terkontaminasi dengan alergen, atau kegiatan lain yang bisa memicu alergi misalnya menyapu.

  • Terapi uap panas

Cara mudah dan sederhana untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat alergi menyerang adalah dengan menghirup uap panas. Caranya adalah dengan menyiapkan semangkuk air panas kemudaian arahkan kepala di atas mengkuk tersebut sambil tutupi kepala dengan handuk untuk mencegah uap air keluar. Bisa juga dengan duduk di kamar mandi dengan pancuran air panas yang menyala.

Semoga bermanfaat.(raw)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *