0

Cerita Pendek Anak, Mengajar tanpa Menggurui

Kancil dan Buaya, Persahabatan Ayam dan Elang merupakan contoh cerita pendek anak yang populer untuk anak-anak.  Keduanya menjadi cerita yang tidak pernah lekang oleh zaman, selalu digunakan untuk memberikan keteladanan kepada anak tanpa harus menggurui. Seiring dengan waktu, jumlah cerita pendek semakin banyak dan orang tua bisa menemukan banyak cerita baik itu fabel atau dongeng sebagai pengantar tidur.

Mendidik dan sesuai dengan dunia ini; itulah alasan utama cerita pendek anak TK dipilih ketimbang anak dibiarkan saja menonton TV atau bermain dengan gadget. Lalu, cerita manakah selain dua cerita di atas, yang bisa dijadikan dongeng sebelum tidur? Berikut ini beberapa contohnya.

  • Cerita Anak Petualangan

Masa anak-anak dipenuhi dengan imajinasi liar tanpa batas. Khayalan mereka tidak pernah bisa dibayangkan oleh para orang tua. Satu cerita yang menyindir orang tua yang tidak memahami imajinasi anak adalah Peter Pan. Ketika itu, anak bisa melihat dunia yang indah yang tidak terlihat oleh orang tua.

Cerita Pendek Anak Sebelum Tidur

Melihat ini, orang tua bisa menggunakan cerita untuk menggugah imajinasi mereka. Salah satunya dengan cerita pendek anak dengan tema petualangan. Cerita seperti Kisah Tiga Bersaudara, karya JK Rowling bisa digunakan sebagai dongeng sebelum tidur. Jika cerita itu terlalu berat, Kisah Petualangan Kancil dan Buaya,dan  Petualangan Aladin dan Lampu Ajaib menjadi alternatif menarik. Ada banyak cerita petualangan yang bisa ditemukan di internet jika ingin mencari daftar cerita lainnya.

  • Cerita Anak Tentang Hewan

Dunia hewan adalah hal baru bagi anak. Tidak jarang mereka ingin tahu banyak tentang hewan dan segala keunikannya. Agar anak mudah mengenali hewan dan  sekaligus mendidik mereka, cerita hewan atau fabel bisa digunakan.

Cerita fabel untuk anak-anak malah lebih banyak jumlahnya. Dua yang dicontohkan di dalam artikel ini juga merupakan fabel, tapi sudah banyak cerita pendek anak bergambar yang bergenre fabel cocok untuk pengantar tidur.

Browsing saja di internet dan akan mudah ditemukan berbagai judul cerita seperti Raja Telinga Keledai, Kucing yang Terlupakan, Asal Mula Rumah Siput, Anjing yang Rakus, Rajawali yang Cerdik dan lain-lain. Beberapa contoh di atas memberikan ketauladanan kepada anak. Gambaran hewan yang pantas dicontoh karena kecerdikannya, atau yang tidak boleh ditiru karena sifat buruknya bisa menjadi pendidikan kepada anak secara tidak langsung.

Tidak perlu pandai bercerita kalau hanya ingin memberikan pendidikan kepada anak lewat cerita pendek anak. Cukup cari di internet, dan pilih yang diinginkan.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *