2

Daftar dan Panduan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan sehat untuk ibu hamil sudah tidak boleh terlewatkan! Kenapa ? Ini karena nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat akan berguna untuk membantu perkembangan si janin menjadi sehat dan juga untuk sang ibunya. Terlebih lagi pada usia atau masa kehamilan muda khususnya pada trimester pertama, di mana para waktu tersebut tentu akan sangat rentan dengan berbagai resiko seperti keguguran.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Makanan sehat sudah menjadi keharusan dan dianjurkan untuk selalu dikonsumsi oleh para ibu hamil, di mana pada masa kehamilan di trimester pertama untuk memenuhi kebutuhan akan asupan vitamin dan juga mineral. Lalu sebenarnya apa dan bagaimana makanan yang sehat tersebut ? Konsumsi makanan sehat, bukan berarti harus makan dalam jumlah yang banyak, akan tetapi lebih pada kualitas dari makanan yang dimakan tersebut. Pola dan pengaturan makanan yang akan dikonsumsi juga harus tepat atau disesuaikan dengan usia kehamilan, kebutuhan sekaligus juga yang terpenting adalah perkembangan si janin. Selain itu, pengaturan makanan juga untuk mencegah terjadinya perubahan hormonal pada ibu hamil sehingga bisa membuat sensitivitas menjadi meningkat dan akhirnya akan mempengaruhi secara keseluruhan.

Berikut ini ada beberapa daftar dan panduan makanan sehat untuk ibu hamil khususnya untuk masa kehamilan muda :

Sereal

Ketika pagi hari, sebagian banyak dari ibu hamil justru mengalami banyak kendala ketika ingin makan. Kendalanya seperti mual, muntah, bahkan hilangnya nafsu makan sehingga akhirnya memutuskan untuk tidak makan sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil bisa mencoba untuk konsumsi sereal. Adanya varian rasa, ini tentu lebih membuat ibu hamil bisa memilih rasa apa yang diinginkan. Sereal sendiri merupakan jenis makanan yang banyak mengandung mineral dan vitamin seperti karbohidrat, vitamin B, kalsium yang bisa memenuhi kebutuhan janin. Gandum utuh dari sereal ini sebagai sumber energi dan juga serat yang memang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.

Susu

Jangan lupakan untuk minum susu, karena kandungan yang ada pada susu ini bisa membantu pertumbuhan jaringan baru pada janin, bahkan bisa juga loh memperbaiki jaringan rusak sekaligus membentuk otot bahkan bisa sebagai alat transportasi oksigen ke si janin. Banyak produk susu ibu hamil, tentunya bisa jadi alternatif namun sebaiknya minumlah susu kedelai untuk mencukupi vitamin D yang pastinya bermanfaat untuk ibu dan janin.

Buah dan Sayuran

Semua orang diharuskan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran, termasuk juga para ibu hamil. Ketika usia kehamilan baru menginjak trimester pertama, kebutuhan akan vitamin C justru sangat dibutuhkan untuk memberikan tambahan daya kebal tubuh sekaligus menghindari infeksi pada tubuh ibu dan juga janin. Zat besi yang terkandung pada buah dan sayuran juga bisa mencegah terjadinya anemia dan mampu tingkatkan hemoglobin ke sel-sel dalam tubuh serta sumber energi.

Ikan

Protein dan asam omega 3 yang ada di dalam ikan membuat pembentukan otak si janin menjadi lebih cepat. Meskipun demikian tidak semua ikan baik, karena ada juga jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri yang justru harus dihindari karena akan ganggu pertumbuhan dan perkembangan janin. Pastikan juga ikan yang dikonsumsi rendah lemak, demi menjaga kadar lemak yang ada di dalam tubuh si ibu.

Kacang-kacangan

Banyak para orang tua yang menganjurkan untuk para anak-anak nya yang tengah hamil mudah untuk lebih banyak konsumsi kacang hijau. Selain penting untuk perkembangan sistem saraf pada janin, seperti kacang hijau juga bermanfaat sebagai sumber energi dan menjaga kekebalan tubuh para ibu hamil muda dari berbagai penyakit.

Air dan Vitamin

Air khususnya air putih sangat bagus dan bermanfaat untuk mengurangi mual pada ibu hamil. Caranya mencampurkan air putih dengan sari buah namun jangan ditambahkan gula. Selain air, vitamin yang sudah jelas bermanfaat untuk ibu dan janin harus rutin dikonsumsi untuk dukung masa kehamilan muda. Namun untuk jenis vitamin apa yang bagus, silahkan konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

Demi ibu dan janinnya sehat, maka pastikan semua kebutuhan akan nutrisinya terpenuhi dengan juga selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang perlu dijauhi ibu hamil demi kesehatan janin. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

2 Comments

    • Makasih yah sudah mau mampir dan membaca artikel yang saya tulis.
      Memang benar pendapatnya, oleh karena itu pastikan memilih ikan yang segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *