0

Daftar Nama Stadion Sepak Bola dengan Rumput Sintesis

Daftar Nama Stadion Sepak Bola dengan Rumput SintesisInformasi Sepak Bola – Pernah terbayang jika sebuah stadion sepak bola menggunakan rumput sintesis atau buatan ? Mungkin beberapa orang yang memang penggemar olahraga sepak bola sudah pasti tahu, namun ada juga beberapa orang yang justru belum tahu bahkan merasa heran mendengar akan hal ini. Rumput sintesis yang kita sama-sama ketahui biasa digunakan untuk bisnis sewa lapangan futsal khususnya indoor, ternyata bisa dan bahkan kini telah digunakan oleh beberapa stadion sepak bola baik di luar negeri bahkan dalam negeri (Indonesia).

Pada dasarnya penggunaan rumput alami memang banyak dipilih di banyak stadion sepak bola di dunia, karena banyak yang menilai bahwa penggunaan rumput sintesis atau buatan ini bisa mempengaruhi alur bola di lapangan. Nah ingin tahu stadion mana saja yang kini menggunakan rumput sintesis, berikut beberapa daftar nama stadion sepak bola dengan rumput sitensis :

  • Old Trafford

Bisa dibilang Old Trafford merupakan pelopor stadion yang menggunakan rumput buatan ini. Pasalnya Old Trafford mulai menggunakan rumput buatan ini mulai pada tahun 2013 lalu, bahkan pihak Manchester United sendiri menggunakan jenis rumput buatan kelas atas yaitu rumput sintetis hybrid. Ini dikarenakan kondisi rumput yang mudah dan sering mengalami kerusakan khususnya ketika datang cuaca buruk.

Old Trafford yang merupakan markas klub sepak bola terkenal di dunia, yaitu Manchester United ini menggunakan rumput sintetis hybrid yang merupakan hasil produksi Desso Grass Master, perusahaan yang memang khusus dalam pembuatan permukaan lapangan. Namun rumput sintesis yang digunakan tidak sepenuhnya rumput sintesis, karena sebagian besar masih menggunakan rumput alami. Komposisinya adalah rumput sintesis disuntikkan kepada bagian bawah permukaan lapangan dengan jarak hanya 20 cm. Ini menandakan rumput alami akan tetap tumbuh, sementara akarnya akan menyatu pada rumput sintesis.

  • California Memorial Stadium di Universitas Berkeley

Stadion sepak bola yang berada di di Amerika Serikat dan diresmikan pada tahun 1923 merupakan salah satu stadion sepak bola yang menggunakan rumput sintesis. Stadion memang digunakan untuk berbagai laga penting, khususnya untuk liga sepak bola di Amerika untuk level Universitas. Tidak jarang stadion sepak bola yang merupakan kandang dari tim California Golden Bears sering juga digunakan sebagai tempat untuk uji coba beberapa tim ternama di dunia, seperti Real Madrid yang sukses menjadi juara pada turnamen International Champions Cup tahun 2014 lalu.

  • Donbass Arena, markas Shakhtar Donetsk

Markas dari tim Shakhtar Donetsk juga ternyata menggunakan rumput sintesis. Namun memang tidak secara penuh penggunaannya, karena menurut informasi bahwa Manajemen stadion ini menggunakan jasa perusahaan asal Belgia, Desso Sport Systems yang memang punya ahli-ahli rumput. Sama dengan Old Trafford, rumput sintesis digabungkan dengan rumput alami yang dikenal dengan sistem rumput hibrida yang kuat di semua kondisi cuaca.

  • LEO Stadium kandang Bangkok Glass

Liga Thailand bisa dibilang merupakan liga di Asia Tenggara terbaik. Pasalnya club-club yang mengikuti gaya-gaya pada Liga Premier Inggris, bahkan nama liga nya sendiri dibuat mirip yaitu Thailand Premier League. Tidak hanya nama liga saja, beberapa club sepak bola Thailand memiliki beberapa stadion dengan standar internasional. Bahkan LEO Stadium kandang Bangkok Glass FC menggunakan rumput sintesis yang mengikuti standar dari AFC.

  • Progresif Football

Memang ini bukan stadion sepak bola, namun hanya sekedar lapangan sepak bola yang telah menggunakan rumput sintesis dengan standar FIFA. Letaknya yang tidak jauh dari stadion Gelora Bandung Lautan Api ini mengimpor langsung rumput sintesis dari Italia. Layaknya stadion, lapangan ini dilengkapi dengan lampu penerangan, dan tempat duduk (tribun) yang memiliki kapasitas 100 tempat duduk. Bahkan penginapan mewah juga akan dibangun.

Menurut pemilik dari Progresif Football, Raymond Hadinata lapangan ini akan dijadikan sebagai tempat penginap dan juga bisa dijadikan tempat latihan bagi para pemain terutama club-club ISL yang akan bermain di Bandung.

Ternyata bisa juga yah, rumput sintesis digunakan pada stadion sepak bola yang notabennya menggunakan rumput alami. Semoga bisa bermanfaat! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *