0

Dana Pensiun Melalui Tabungan, Asuransi Atau Investasi ?

Asuransi Pensiun memang bisa menjadi salah satu cara dalam mempersiapkan masa tua nanti. Tentu masa tua atau pensiun tidak bisa dihindari oleh semua orang yang produktif dan bekerja pada sebuah perusahaan. Tentu kita semua akan bertanya, bagaimana nanti ketika masa pensiun datang ? Bagaimana pula kita bisa menghidupi dan memenuhi semua kebutuhan walaupun kita kita bekerja ? Bahkan kita akan menjadi bingung menentukan untuk mempersiapkan Dana Pensiun Melalui Tabungan, Asuransi Atau Investasi ?

Asuransi Pensiun

Memang benar semua langkah di atas merupakan cara yang bisa ditempuh untuk mempersiapkan masa tua nanti. Menjadi sangat penting untuk merencanakan keuangan untuk masa tua sedini mungkin, sehingga masa tua tidak menyusahkan orang lain meskipun meminta bantuan pada anak-anak nanti. Oleh karena itu, menurut Prita Hapsari Ghozie, Pendiri sekaligus CEO ZAP Finance ada beberapa cara dalam mempersiapkan dan membuat perencanaan keuangan untuk masa tua antara lain :

  • Hitung seluruh biaya kebutuhan hidup

Dalam merencanakan keuangan untuk masa pensiun nanti, tentu akan berhubungan dengan biaya untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada. Oleh karena itu, dalam perencanaan keuangan untuk mempersiapkan masa tua lebih baik tentukan dulu besar biaya yang dibutuhkan setiap bulannya. Biasanya untuk biaya hidup ketika kita bekerja tentu akan berbeda dengan baiya hidup di mana tua nanti.

  • Tentukan usia pensiun dan harapan hidup

Secara umum, seorang karyawan akan masuk masa pensiun ketika usia menginjak 55 tahun. Lalu, bagaimana dengan harapan hidup ? Secara wajar umur seseorang memang tidak ada yang pernah mengetahui nya, namun tentu kita bisa memperkirakan nya. Misalkan saja kita gunakan angka 70 tahun, ini berarti kita harus menyiapkan dana pensiun yang mampu membiayai hidup selama 15 tahun pada masa pensiun nanti dan ini menjadi target.

  • Pilih lah strategi yang tepat untuk mencapai target

Sudah dijelaskan bahwa kita semua tentu tidak akan mengetahui dengan pasti berapa usia atau masa hidup kita ini. Namun, menurut Prita Hapsari Ghozie, kita bisa mengacu pada panduan umum yang biasa digunakan dan disarankan untuk target pensiun adalah diatas 5 tahun dari sekarang kita harus bisa ikut program asuransi dana pensiun atau berinvestasi di reksa dana. Namun jika masih di bawah 5 tahun, maka pilihan tabungan berjangka bisa jadi pilihan.

  • Selalu menyiapkan dana darurat

Sepanjang dalam proses mempersiapkan dana pensiun, maka pastikan untuk menyisihkan dana untuk kebutuhan-kebutuhan yang tidak terduga. Jangan lupa juga untuk menamakan dana ini sebagai dana darurat dan jangan dicampur dengan tabungan lain seperti tabungan pendidikan anak atau dana pensiun (jika menggunakan tabungan dana pensiun).

  • Selalu cros check rutin dana pensiun

Biasanya untuk mengecek dana pensiun idealnya pada akhir tahun, sehingga bisa mengetahui pertumbuhan dana pensiun yang dimiliki. Jika Anda memilih untuk berinvestasi, maka pilihlah produk investasi yang sesuai dengan resiko Anda.

  • Ikut juga produk asuransi kesehatan

Selain asuransi pensiun, ikut produk asuransi kesehatan juga bisa menjadi salah satu cara mempersiapkan masa pensiun. Karena masalah kesehatan juga menjadi hal penting, maka patut untuk mencoba ikut program asuransi kesehatan untuk menjamin seluruh biaya-biaya kesehatan waktu tua nanti. Tentu sebelumnya memilih perusahaan asuransi mana yang dipilih, maka ada baik nya untuk mengetahui beberapa Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik demi pelayanan dan proses klaim nya pun menjadi lebih mudah dan memuaskan.

Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *