0

Donasi Untuk Menuntaskan Permasalahan Pendidikan

Donasi merupakan salah satu instrumen atau kearifan lokal yang sangat berkembang bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, masyarakat akan banyak mendapatkan manfaat, terutama terhadap sesamanya. Dengan kata lain, hal ini bisa dibilang sebagai donasi yang diperuntukan bagi permasalahan yang muncul di masyarakat. Permasalahan yang muncul di masyarakat ini sangatlah bermacam-macam, tapi terdapat salah satu permasalahan yang sangat dasar yang sudah semestinya diselesaikan secara bersama-sama. Persoalan ini tidak lain ialah permasalahan mengenai pendidikan. Dengan jumlah penduduk yang hampir mencapai 300 juta jiwa, sangat sulit bagi negeri ini untuk melaksanakan proses pendidikan secara merata kecuali masyarakat turut serta dalam proses ini.

Donasi untuk Pendidikan

Photo: DANAdidik

Keikutsertaan masyarakat ini bisa dengan menggunakan kearifan lokal yang telah berkembang di masyarakat Indonesia. Adapun untuk teknisnya, bisa dengan menggunakan cara kekinian yang sedang berkembang pada generasi milenial seperti penggunaan internet. Donasi pendidikan yang dilakukan secara online merupakan instrumen yang tepat dalam mencapai masyarakat yang terdidik secara merata. Dengan menggunakan internet atau dilakukan secara online, banyak keunggulan yang didapat, dari mulai lebih aman, lebih mudah, lebih transparan hingga kondisi informasi wilayah yang hendak dibantu dalam hal pendidikan. Contoh donasi online yang mudah adalah donasi yang dilakukan di website UNICEF. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi website supportunicefindonesia.org
  2. Klik tombol “Donasi Sekarang”
  3. Tentukan jenis donasi (Donasi Rutin atau Donasi Sekali)
  4. Isi Data Diri
  5. Lakukan pembayaran (Donasi Rutin dengan kartu kredit dan Donasi Sekali dengan berbagai bentuk pembayaran seperti transfer, internet banking, kartu kredit atau melalui mini market)

Adapun, bentuk bantuan pendidikan ini bisa dilakukan melalui banyak hal, yaitu; pembangunan infrastruktur pusat pendidikan, pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu, pembangunan akses menuju pusat pendidikan, membelikan keperluan sekolah bagi siswa tidak mampu, pemberian nutrisi bagi siswa yang berada di wilayah terisolasi dan lain sebagainya. Kesemua hal yang disebutkan tersebut sejatinya membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit. Dengan keadaan demikian, donasi masyarakat sangatlah penting untuk kelancarannya.

Memiliki masyarakat yang terdidik secara merata sejatinya perlu diusahakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh stakeholder termasuk masyarakat. Menggabungkan antara cara yang telah berkembang (kearifan lokal) dengan cara kekinian (melalui internet atau online) merupakan proses yang bisa dilalui agar seluruh masyarakat peduli dan hadir dalam menuntaskan permasalahan pendidikan ini. Sebagai dasar sebuah pembangunan, pendidikan sangat layak untuk diperhatikan.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *