0

Efisiensi Dalam Kecepatan

Belajar Bahasa InggrisGlobalisasi mulai memaksa masyarakat Indonesia untuk menguasai bahasa Inggris. Dunia pendidikan meningkatkan standar nilai mata pelajaran bahasa Inggrisnya sementara dunia kerja mulai mewajibkan penguasaan Bahasa Inggris pada setiap pelamarnya. Hanya belajar Bahasa Inggris di sekolah tidak lagi mencukupi, banyak masyarakat Indonesia yang ingin belajar bahasa Inggris cepat. Disini kita akan membahas beberapa tips yang patut dicoba untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Belajar Sambil Bersenang-Senang

Metode belajar bahasa Inggris yang menyenangkan bisa lebih efektif daripada metode lain. Dengan metode ini kita bisa memahami pelajaran dengan lebih cepat karena pikiran yang rileks. Beberapa contoh belajar dengan metode ini:

  • Membaca. Berbeda dengan membaca buku pelajaran di sekolah, kita harus membaca dengan kecepatan kita sendiri, tanamkan pikiran bahwa tidak ada yang mengharuskan. Pikiran tertekan akan menghambat pemahaman. Buku yang dibaca bisa berupa buku apapun yang berbahas inggris. Dari buku pelajaran hingga novel dan komik.
  • Menonton. Menonton pun tidak harus hal yang berhubungan dengan pelajaran seperti dokumenter. Kita juga dapat menonton film maupun serial, asalkan berbahasa inggris. Menontonlah dengan rileks dan harap membuka kamus hanya saat film/serial sudah selesai, kita harus membiasakan membiasakan kuping mendengar bahasa Inggris terlebih dahulu.
  • Berkomunikasi langsung dengan pengguna Bahasa Inggris. Manfaatkan tekhnologi sebaik-baiknya. Kita bisa berkomunikasi dengan para pengguna Bahasa Inggris melalui banyak hal, seperti social media, layanan dan ruang chatting online, bahkan game online. Selain itu jangan malu untuk berbicara dengan para pengguna bahasa Inggris jika kita bertemu langsung. Kita juga dapat mengunjungi negara-negara yang berbahasa inggris, dengan terjun langsung kita dapat lebih cepat membiasakan diri dengan Bahasa Inggris
  • Mendengarkan. Kita juga bisa mendengarkan banyak hal, seperti lagu ataupun siaran radio yang berbahasa inggris. Seperti saat menonton, kita harus mengutamakan membiasakan telinga kita mendengarkan bahasa Inggris, dengarkan dulu dengan seksama, kita bisa membuka kamus setelah selesai mendengarkan.

Belajar Dengan Serius

Tidak semua orang cocok dengan metode yang menyenangkan. Beberapa orang lebih cocok dengan metode yang lebih intensif dan serius. Beberapa contoh belajar dengan metode ini:

  • Mengikuti les. Mengikuti program belajar dengan bimbingan dari seorang ahli memiliki beberapa keunggulan. Contohnya, dengan mengikuti les, segala pertanyaan dapat langsung kita tanyakan ke ahlinya. Tidak semua hal dapat dipelajari sendiri.
  • Ikuti les-les online. Banyak les atau kelas belajar online yang dapat kita kunjungi. Les online pada dasarnya memiliki keunggulan dan kekurangan yang kurang lebih sama dengan les offline. (RR)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *