0

Google Ikut Rayakan Hari Anak Nasional

Google Ikut Rayakan Hari Anak NasionalMedia Informasi Indonesia – Ada apa dengan tampilan depan Google hari ini berubah dan tidak seperti biasa nya ? Memang hari ini tanggal 23 Juli 2014, merupakan Hari Anak Nasional di mana seluruh anak Indonesia merayakannya. Begitu juga dengan Google, tidak ingin ketinggalan momen ini maka perusahaan IT terbesar di dunia Google Ikut Rayakan Hari Anak Nasional tahun ini dengan cara menampilkan Google Doodle dengan desain unik pada halaman depan mesin pencariannya.

Gambar pada Google Doodle hari ini menggunakan gambar jenis permainan anak yang biasa dimainkan, yakni congklak. Kenapa congklak ? Karena ini merupakan simbol keceriaan anak-anak Indonesia, meskipun kini permainan congklak ini perlahan mulai ditinggalkan dan jarang dimainkan karena perkembangan dunia teknologi yang terus berkembang.

Dengan mengambil gambar permainan congklak ini, Google ingin mengingatkan kita pada masa kecil kita. Tentu congklak merupakan salah satu jenis permainan tradisional anak-anak Indonesia. Permainan congklak ini sering dimainkan, bahkan di setiap daerah Indonesia congklak mempunyai nama-nama yang berbeda.

Permainan congklak di pilau Jawa misalnya, permainan ini lebih dikenal oleh anak-anak dengan nama congklak, dakon, dhakon, atau dhakonan. Sedangkan untuk beberapa daerah di pulau Sumatera yang mempunyai kebudayaan Melayu, congklak lebih sering disebut dengan nama congkak. Selain itu permainan tradisional congklak ini di Lampung mempunyai sebutan yang berbeda pula, yaitu dentuman lamban. Congklak juga lebih sering disebut oleh anak-anak di pulau Sulawesi adalah mokaotan, maggaleceng, aggalacang dan nogarata.

Permainan tradisional congklak ini merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang. Di mana congklak ini menggunakan papan dan 98 buah buji congklak sebagai media bermain. Desain papan nya cukup unik karena terdapat lubang-lubang yang digunakan untuk menaruh biji congklak nya. Pada umumnya papan congklak ini ada dua jenis, yaitu yang terbuat dari kayu dan ada yang dari plastik. Sedangkan untuk biji congklak nya biasanya menggunakan cangkang kerang.

Khusus untuk perayaan Hari Anak Nasional di Indonesia yang diadakan setiap tahun nya itu bermula dari munculnya gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak-anak Indonesia. Maka Google pun ikut ambil bagian, di mana setiap tahun nya Google menciptakan desain Google Doodle yang unik untuk memperingati Hari Anak Nasional.

Hari Anak Nasional ini merupakan perayaan yang selalu diperingati setiap tanggal 23 Juli, di mana ini sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984. Dan untuk perayaan Hari Anak Nasional pada tahun 2014 kali ini mempunyai tema ‘Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan terhadap Anak’. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *