0

Hindari Cara Ini Ketika Perkenalkan Internet pada Anak!

Memperkenalkan Internet Pada AnakSaat ini, teknologi internet tidak hanya dimanfaatkan oleh orang dewasa saja. Mulai banyak anak kecil, yang bahkan belum mampu membaca dengan baik, namun dapat memanfaatkan teknologi internet cepat dengan sangat baik. Baik untuk bermain game online, menonton video kesukaan, ataupun bermain social media. Saat mereka masih berusia dini, mereka belum akan memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain internet. Karena itulah, Anda sebagai orangtua yang harus mengawasi anak saat memanfaatkan teknologi ini.

Agar kegiatan memperkenalkan internet pada anak berjalan baik dan tidak memberi dampak negatif pada anak, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh orangtua :

  • Membuka aplikasi atau situs terlarang

Tahu istilah “children see, children do”? Anak akan meniru apa yang dilihatnya. Ketika Anda membuka sebuah aplikasi atau situs yang terlarang dan anak melihatnya, tidak menutup kemungkinan anak akan melakukan hal yang sama. Bagaimana bisa? Mudah, karena anak akan mengikuti langkah-langkah yang Anda lakukan pada gadget Anda. Meskipun saat Anda sedang membukanya, anak terlihat tidak fokus dan konsentrasi melihat gadget Anda, bukan berarti anak tidak memperhatikan loh. Karena itulah, jika Anda memang ingin memperkenalkan teknologi internet pada anak, sebaiknya hindari membuka aplikasi atau situs terlarang.

  • Memperkenalkan social media sebelum waktunya

Banyak sekali orangtua yang langsung membuatkan akun social media begitu anaknya lahir. Ketika anak masih bayi, orangtuanya lah yang akan menjadi admin dan berpura-pura menjadi sang anak untuk memberi respon pada teman di social media tersebut. Dan ketika anak mulai diperkenalkan teknologi internet, maka anak akan diberikan akses untuk akunnya tersebut. Hal ini terlihat biasa saja, tapi tahukah Anda bahwa melakukan hal ini dapat berdampak buruk pada anak? Ingatlah, bahwa tidak semua teman di social media memiliki niat baik. Tidak hanya yang dengan sengaja memiliki niat jahat pada anak, tetapi juga yang secara tidak sengaja mengajarkan hal negatif pada anak. Misalnya, anak menonton video berisi pornografi atau kekerasan yang di share oleh teman socmednya. Secara tidak langsung, anak akan diperkenalkan pada kedua hal negatif tersebut.

  • Membiarkan anak berinternet tanpa pengawasan

Jangan pernah membiarkan anak bermain gadget tanpa pengawasan Anda. Jika Anda memang sedang sibuk dan tidak bisa mengawasi anak, putus terlebih dahulu koneksi internet pada gadget Anda, dan biarkan anak bermain game offline yang ada pada gadget. Hal ini, bertujuan untuk menghindarkan anak dari membuka berbagai hal negatif yang mungkin saja tanpa sengaja dilakukannya.

Peduli dan terapkan yah! (Vita)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *