0

Ingin Belanja Online Aman ? Sebaiknya Simak 3 Tips Dasar Berikut!

blanja onlineSitus jual beli online di Indonesia sudah semakin banyak dan beragam, bahkan jika dilihat beberapa perusahaan retail besar saat ini memutuskan untuk membangun sebuah situs belanja onlinenya sendiri demi untuk meningkatkan keuntungan. Kondisi ini didukung pula oleh kemajuan dalam bidang teknologi informasi khususnya internet yang terus menerus mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Demikian juga dengan pengguna smartphone atau ponsel pintar yang setiap hari terus bertambah, dan bisa dibilang kini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk di dalamnya belanja untuk kebutuhan sehari-hari. Indonesia sendiri kini menempati posisi teratas di Asia Tenggara untuk penggunaan smartphone untuk keperluan belanja secara online.

Kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi belanja secara online memang menjadi daya tarik utama. Selain itu, kenyamanan dan privasi dalam bertransaksi secara online merupakan salah satu hal utama yang ditawarkan oleh situs-situs belanja online.Tidak berhenti disitu saja, sebagian besar situs belanja online juga menawarkan berbagai pormo menarik mulai dari promo harga yang murah, diskon besar-besaran, gratis ongkos kirim dan lain sebagainya sehingga membuat orang semakin lebih memilih untuk bertransaksi online.

Meski demikian, bukan berarti melakukan transaksi online shopping dijamin seratus persen aman, karena tidak jarang terjadi berbagai bentuk penipuan yang pada akhirnya memunculkan berbagai kekhawatiran dari konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dari konsumen ketika berbelanja online, sehingga Anda tidak akan merasa dikecewakan ataupun ditipu. Nah, berikut ini adalah beberapa tips belanja online yang bisa Anda terapkan ketika akan membeli sebuah produk di toko online agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk, disimak tips-tips belanja online di bawah ini

  • Pilih toko online yang memiliki kredibiltas dan track record yang baik.

Tips pertama yang perlu Anda ketahui adalah memilih terlebih dahulu toko onlinenya. Pastikan toko online yang Anda pilih tersebut merupakan toko online yang sudah terpercaya. Bagaimana cara melihat sebuah toko online itu terpercaya atau tidak ? Hal ini mudah, bisa dilakukan dengan melihat bagaimana review dari para pembeli yang pernah melakukan pembelian di toko online tersebut. Jika memang bagus, si pembeli tidak akan segan-segan untuk memberikan review yang baik mengenai toko online tersebut melalui tulisan ataupun share di social media.

  • Kenali dan pastikan toko online tersebut memiliki kantor dengan alamat lengkap yang jelas dan tidak fiktif.

Coba untuk tahu lebih jauh mengenai toko online yang Anda pilih. Biasanya untuk toko-toko online yang sudah memiliki nama pasti akan berani untuk menampilkan alamat kantornya. Pentingnya Anda mengetahui tentang alamat dan nomor telepon ini adalah apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda akan lebih mudah melakukan komplain dengan menghubungi nomor yang tertera pada website toko online atau bahkan mendatangi kantornya jika memang diperlukan.

blanja.com tempat belanja online yang menguntungkan

Ada baiknya Anda mencoba menghubungi nomor telepon yang tercantum pada website guna mencari tahu apakah nomor kontak tersebut benar dan masih aktif atau tidak sebelum Anda melakukan transaksi pembelian di toko online tersebut.

  • Lakukan perbandingan harga dengan toko online lainnya untuk medapatkan informasi mengenai harga yang murah.

Biasanya jika Anda belanja di toko-toko konvensional atau offline, maka Anda pasti akan melakukan perbandingan dengan toko-toko sebelah demi mendapatkan pelayanan dan harga yang murah. Nah, rules seperti itu juga berlaku loh ketika Anda berbelanja online. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda dapat memperoleh barang dengan harga terbaik karena terkadang beberapa toko online mengadakan promo atau sale setiap harinya demi menarik minat para pembeli.

Itulah 3 tips dasar berbelanja online yang sebaiknya dilakukan jika Anda lebih memilih untuk berbelanja secara online. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat berbelanja!

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *