0

Inilah Empat Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Menurunkan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan mudah apabila kita mengetahui caranya dengan benar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung serat yang tinggi dan lemak tak jenuh. Banyak jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan tersebut.

  • Bayam

Selain mengandung zat lutein yang baik untuk kesehatan mata, bayam juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, bayam juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada dalam pembuluh darah. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi bayam setiap hari secara teratur untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh.

  • Kacang-kacangan

Inilah Empat Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol TinggiKandungan asam lemak tak jenuh ganda yang terdapat dalam kacang-kacangan dipercaya dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk pembuluh darah. Contohnya seperti kacang panjang yang kaya akan serat yang dapat memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Selain itu, kacang mede dan kacang walnut juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Biasakanlah untuk memakan kacang-kacangan secara teratur setiap hari dan hindarilah kacang-kacangan yang telah diberi gula dan garam.

  • Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yakni jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan beta-sitosterol yakni sejenis lemak nabati yang dapat mengurangi jumlah kadar kolesterol yang diserap dari makanan. Namun, karena alpukat memiliki tingkat kalori dan lemak yang cukup tinggi maka sebaiknya jangan terlalu sering dalam mengonsumsi buah ini.

  • Teh

Meminum empat cangkir teh dalam sehari secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini karena adanya kandungan theanine dan polifenolkatekin yang terdapat dalam teh, khususnyateh hijau, yang berkhasiat untuk meningkatkan kolesterol baik dan mencegah kolesterol jahat. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh juga dapat memberikan rasa tenang, dan mencegah pembekuan pada pembuluh darah.

Kolesterol merupakan lemak dalam tubuh yang sebagian dihasilkan di dalam tubuh dan sebagian didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Kelebihan kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung. Maka dari itu, kurangi gaya hidup tidak sehat dengan mencoba mengatur pola makan yang benar dan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi sangat dianjurkan sebagai salah satu langkah untuk menurunkan kolesterol. Mau coba 4 makanan untuk menurunkan kolesterol Anda ?

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *