0

Inilah Kelebihan Dari Batik Modern Di Nusantara

Batik modern muncul sebagai saingan dari batik tradisional. Meskipun begitu, batik tetaplah batik. Kekhasannya tetap menjadi bagian yang menyempurnakan identitas bangsa. Batik sendiri memiliki nilai tinggi di mata dunia. Orang yang mengenakannya juga terlihat berkelas. Tentunya tanpa mengesampingkan keeleganan orang yang memakainya.

Sejauh ini, batik sudah mulai bertransformasi. Muncullah sebuah batik yang lebih modern. Aturan dasarnya juga berbeda dengan batik masa lalu. Namun tetap saja memiliki kelebihan tersendiri.

Bedanya Batik Tradisional Dengan Modern

BatikBatik tradisional dengan batik modern memiliki sejumlah perbedaan mendasar. Tetapi, hasil karyanya tetaplah menawan hati. Ini lebih pada kesesuaian serta kebutuhan dari masyarakat itu sendiri. Perbedaan mendasar yang dimiliki oleh keduanya adalah pada tahap pembuatannya. Batik tradisional akan selalu mengikuti aturan dasar. Aturan ini berupa pembuatan garis untuk membuat susunan yang tepat.

Prosesnya juga akan lama karena mengikuti aturan tersebut. Hasilnya jelas lebih berkelas, serta memiliki penampilan ekslusif. Tentunya, harga jual batik tradisional ini akan lebih mahal.

Sementara untuk batik modern dalam pembuatannya tidak terikat aturan. Pembuatannya lebih cepat. Kemudian warna yang digunakan juga bebas mengikuti kebutuhan masyarakat.

Kelebihan Batik Modern

Batik seperti ini memiliki kelebihan dibanding yang tradisional. Kelebihan pertamanya adalah mengikuti perkembangan jaman. Artinya, penampilan batik ini lebih modern sehingga setiap orang bisa mengenakannya.

Kemudian keunggulan lainnya adalah menonjolkan sisi keindahan yang sesuai dengan model baju kekinian. Ini berarti, batik seperti ini bisa diaplikasikan untuk semua jenis trend busana. Entah itu trend busana wanita ataupun pria dengan berbagai model.

Yang selanjutnya adalah harga jualnya lebih terjangkau. Harganya yang minim membuat batik tersebut bisa mudah didapatkan oleh pecinta batik. Bahkan, model tertentupun bisa didapatkan sehingga sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Menariknya lagi, batik seperti ini akan sangat mudah dijumpai di pasaran. Anda tidak akan kerepotan untuk mendapatkannya. Berbeda dengan batik tradisional yang mana cukup jarang ditemukan, kecuali ketika Anda datang di tempat asal pembuatannya.

Kesimpulannya, kelebihan utamanya ada pada kesesuaian batik untuk seluruh lapisan masyarakat. Kemudian keindahan warna, motif, serta harga jauh lebih terjangkau. Jadi, Anda yang memiliki dana pas-pasan tetap bisa mendapatkan Batik modern ini.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *