2

Jangan Memanjakan Anak Secara Berlebihan

Anak ManjaSetiap orangtua akan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan anaknya. Apalagi, jika anak tersebut adalah anak semata wayang ataupun cucu pertama, maka anak ini tidak hanya akan mendapatkan perhatian dari orangtuanya saja, tetapi juga dari anggota keluarga lainnya. Anak dalam kondisi tersebut, akan bisa lebih mudah mendapatkan berbagai hal yang diinginkannya, dibandingkan dengan anak lainnya. Terlebih lagi, jika kondisi keuangan orangtua terbilang cukup baik, anak ini tidak hanya akan mendapatkan perhatian saja, tetapi juga mendapatkan berbagai hal atau benda yang diinginkannya.

Memberikan perhatian atau menuruti keinginan anak adalah hal yang wajar bagi orangtua, namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan berdampak buruk pada perkembangan psikologi anak. Anak yang terbiasa dimanjakan sejak kecil secara berlebihan akan membuatnya menjadi pribadi yang egois dan tidak mandiri. Selain itu, akan ada beberapa dampak negatif lain yang terjadi akibat perlakuan berlebihan orangtua terhadap anak, antara lain:

  • Tidak Mandiri

Anak yang selalu dimanjakan, akan menjadi bergantung pada oranglain. Anak menjadi tidak mampu untuk melakukan berbagai hal sendiri, meskipun hal yang mudah sekalipun.

  • Merasa selalu benar

Anak tidak akan pernah merasa salah dan tidak akan mau di salahkan, meskipun anak memang melakukan kesalahan. Hal ini sangatlah berbahaya bagi anak, karena akan membuat anak memiliki pribadi yang liar dan tidak dapat diatur.

  • Senang menjadi pusat perhatian

Anak yang terbiasa menjadi pusat perhatian, akan merasa tersingkir ketika ia tidak lagi menjadi pusat perhatian. Akibatnya, anak akan melakukan berbagai hal untuk mendapatkan perhatian dari orang sekelilingnya. Kebiasaan ini, akan dapat terus terbawa hingga anak dewasa jika hal ini tidak segera diatasi.

  • Tidak bertanggungjawab

Anak cenderung akan lari dari tanggungjawab, ketika suatu saat terjadi masalah akibat kesalahannya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan anak akan berusaha untuk melemparkan tanggungjawab atas kesalahannya tersebut pada orang lain.

  • Tidak tahan terhadap cobaan

Anak akan menjadi pribadi yang lemah, dan tidak mampu untuk menghadapi masalah sendiri.

Dampak psikologis anak akibat perhatian berlebihan ini harus segera diatasi, karena semakin dewasa usia anak maka masalah ini akan semakin sulit untuk diatasi. (Yv)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *