0

Jenis Alat Transportasi Umum Jakarta

Alat Transportasi Umum JakartaSebagian besar alat transportasi yang digunakan di kota Jakarta masih mengandalkan transportasi jalur darat yang menggunakan jalan sebagai medianya. Namun seperti yang kita tahu ruas jalanan tidak bertambah, namun untuk jumlah mobil, motor terus bertambah setiap tahun. Ini yang menjadi masalah klasik yang tidak pernah terpecahkan sampai dengan saat ini. Bahkan ada prediksi yang mengatakan bahwa jika ini terus menerus terjadi, maka diperkirakan Jakarta akan macet total pada 2017 nanti.

Alat Transportasi Umum Jakarta

Kini pemerintah khususnya Pemprof DKI Jakarta tengah membangun alat transportasi massal baru yaitu MRT dan ikut menyusul Monorel setelahnya. Langkah ini memang dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan di ibukota, sekaligus mengajak para warga Jakarta untuk lebih menggunakan angkutan umum demi kelancaran jalanan di Ibukota. Ada beberapa fasilitas atau Jenis Alat Transportasi Umum Jakarta yang sebenarnya bisa dimanfaatkan dan bisa mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta, apa saja

  • Taxi

Taxi Jakarta kini makin banyak saja, namun pada umumnya taxi Jakarta dapat dibagi dalam 3 kategori beradasarkan jumlah tarif taxi tersebut antara lain :

    • Taxi Eksklusif

Namanya juga taxi ekslusif, di mana untuk menggunakan jenis taxi ini maka harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Namun bisa tanpa pemesenan jika Anda berada di tempat-tempat tertentu seperti bandara, hotel. Nama yang terkenal untuk jenis taxi eksklusif ini adalah Silver Bird, di mana ini merupakan satu-satu jenis taxi eksklusif yang ada di Jakarta.

    • Taxi Tarif Atas

Jenis taxi Jakarta ini umumnya memang dioperasikan dan bisa dengan mudah ditemui di semua jalanan Ibukota Jakarta. Untuk jenis taxi ini punya tarif yang sudah ditentukan oleh pemerintah, dan akan berhak dinaikan ketika pemerintah pun menyetujuinya dikarenakan adanya kenaikan harga BBM. Jenis taxi yang sudah dianggap mempunyai reputasi baik oleh sebagian warga Jakarta adalah Blue Bird.

Taxi Blue Bird dinilai memiliki beberapa jenis taxi disetiap kategori nya. Karakter yang mencolok dari taxi Blue Bird adalah warna biru di setiap mobil taxi. Adapun karakteristik lain pada taxi Blue Bird :

      • Semua pengemudi memiliki identitas lengkap dan surat izin mengemudi
      • Ada stiker layar matahari di kaca depan mengatakan “Blue Bird Group”.
      • Semua pengemudi memakai seragam warna biru ketika bertugas.
      • Setiap mobil taxi Blue Bird pasti akan ada kode taksi di jendela.
      • Blue Bird juga memiliki jaringan taxi yang sangat banyak, seperti Silver Bird (taksi eksklusif), Blue Bird, Morante, Cendrawasih, Pusaka Nuri, Pusaka Satria, Pusaka Lintas, Pusaka Biru, Pusaka Prima, dan Pusaka Sentra. Dan kini pemesanan taxi Blue Bird sudah lebih mudah, bisa dengan langsung menghubungi call center di (021) 7917 1234 atau dengan BBM.
    • Taxi Tarif Bawah

Jenis taxi Jakarta ini pasti sudah sulit ditemukan di Jakarta, karena cukup banyak. Ini merupakan tarif baru, namun tetap akan ikut menaikkan tarif taxi nya seiring adanya kenaikan harga BBM. Namun dibandingkan dengan taxi Blue Bird tarif atas, tarif yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan jenis taxi Jakarta lainnya. Ciri khasnya tentu akan akan tulisan “Tarif Bawah” untuk membedakan jenis  taxi Jakarta yang lain. Untuk nama taxi tarif bawah ini yang terkenal oleh warga Jakarta adalah Express dan Putra.

  • TransJakarta Busway

TransJakarta Busway memang alat transportasi massal yang sudah diperkenalkan dan digunakan pada masa pemerintahan Fauzi Bowo. TransJakarta Busway cukup berbeda dengan bus lain, di mana TransJakarta Busway punya jalur terpisah dari kendaraan apapun di tambah dengan fasilitas AC membuat perjalanan akan makin nyaman. TransJakarta Busway kini sudah mencapai 12 koridor, dan sudah banyak kawasa wisata di Jakarta yang bisa dilalui oleh angkutan massal ini.

  • Bus Kota

Bus kota memang sudah digunakan dari dulu dan banyak warga Jakarta lebih memilih bus kota sebagai alat transportasi di Jakarta. Alasan harga atau tarif yang lebih murah dibandingkan dengan alat transportasi lainnya di Jakarta. Kini Bus kota hanya tersisa Kopaja, Metromini, Mikrolet, dan Bajaj. Namun banyak dari bus kota tersebut sudah tidak terurus dan menimbulkan polusi udara di mana.

Untuk mereka apalagi untuk wisatawan asing sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan bus kota sebagai alat transportasi selama berada di Jakarta. Mengingat dan mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan wisatawan, kecuali bagi mereka wisatawan asing yang bisa berbahasa Indonesia dengan baik atau Melayu dan mengenali wilayah di Jakarta sangat baik.

Marilah kita mulai hari ini menggunakan angkutan massal yang telah dipersiapkan oleh Pemprof DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Dan info ini penting bagi yang sedang melakukan persiapan berlibur ke ibu kota Indonesia, Jakarta sehingga pada tahu bahwa di Jakarta bukan hanya ada taxi saja. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *