0

Jenis-jenis Alat Berat Pada Pertambangan Bawah Tanah

Indonesia merupakan negara dengan banyak sumber daya alam yang tersimpan di bawah permukaan buminya. Karena itulah, tidak sedikit perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia, industri jual alat berat pertanian pun berkembang dengan baik di Indonesia. Berbicara mengenai pertambangan, kita mungkin sudah mengenal salah satu jenis situs pertambangan yakni, pertambangan terbuka atau open surface mining. Jenis pertambangan satu ini memang yang paling banyak digunakan, namun, selain pertambangan terbuka masih ada satu lagi jenis pertambangan yang juga sering digunakan, yakni pertambangan bawah tanah atau underground mining.

Pada tambang bawah tanah ini biasanya menggunakan alat berat pertambangan dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran alat berat di tambang terbuka. Ini dikarenakan ukuran situsnya yang terbatas berbeda dengan tambang terbuka yang tidak dibatasi oleh dinding bawah tanah. Berikut ini beberapa peralatan berat tambang bawah tanah, di antaranya:

  • Continuous Miner

Alat berat ini berfungsi untuk mengikir baru bara dari dinding di bawah tanah secara terus menerus (continuous). Mesin ini dilengkapi dengan drum besi besar bergerigi yang berputar selama alat dioperasikan. Alat ini bisa menambang sekitar 5 ton batu bara per menitnya. Jauh lebih besar dibandingkan dengan produksi yang dilakukan secara manual oleh pekerja tambang di tahun 1920-an yang harus melakukan penambangan selama seharian untuk dapat menambang sebanyak 5 ton.

  • Scaler

peralatan berat tambang bawah tanahScaler merupakan alat yang digunakan untuk scaling, yakni merontokkan material yang akan lepas dari dinding ruangan tambang bawah tanah. Ini agar tidak ada material yang tiba-tiba terjatuh dari atas pada saat pengerjaan tambang berjalan.

  • Personnel carrier

Merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut pekerja dan alat dari permukaan tambang ke lokasi pertambangan di bawah tanah.

  • Underground Truck

Underground truck memiliki fungsi dan mekanisme kerja yang sama dengan haul truck pada tambang terbuka, yakni untuk mengangkut mineral hasil tambang. Bedanya, ukuran underground truck ini lebih kecil karena kondisi tambang bawah tanah yang memiliki ruang gerak yang tidak seluas di tambang terbuka.

  • Scissor Lift

Scissor lift digunakan oleh para pekerja untuk mencapai tempat kerja di bagian yang tinggi. Cara ini tentu saja lebih aman dibandingkan dengan menggunakan tangga biasa.

  • Shotcreter

Shotcreter merupakan alat penyemprot semen atau mortar yang digunakan untuk membuat dinding-dinding di lokasi pertambangan. Pada pengoperasiannya, shotcreter tidak hanya menyemprotkan namun juga sekaligus memadatkan dinding karena kuatnya tekanan dari selang. Semen yang disemprotkan ini bisa ditempatkan pada beragam jenis permukaan dan sudut. (raw)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *