0

Kehamilan Trimester Pertama, Pastikan Anda Ekstra Hati-Hati!

Anda pasti sering dengar nasehat entah dari orang tua atau teman agar Anda harus hati-hati ketika hamil trimester pertama. Ini bukan nasehat biasa. Hamil trimester pertama disebut juga dengan hamil muda. Anda pasti sangat senang ketika Anda tahu sudah ada janin di dalam kandungan. Akan tetapi, tantangan berat harus Anda hadapi setidaknya pada 3 bulan pertama, yang disebut dengan trimester pertama atau masa hamil muda.

Kenapa dikatakan tantangan?

Rentan Resiko Keguguran

Hamil Trimester PertamaApakah Anda tahu banyak bayi mengalami keguguran ketika masih dalam usia yang sangat muda?

Banyak bayi mengalami keguguran ketika masa kehamilan baru berusia beberapa minggu atau bahkan beberapa hari. Hal ini sering disebabkan seorang ibu hamil tidak begitu menjaga kehamilannya. Apalagi ia baru pertama kali hamil dan tidak mengerti banyak tentang bagaimana cara menjaga kehamilan trimester pertama.

Salah satu pantangan sebagai ibu hamil muda adalah larangan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bisa mengakibatkan kontraksi. Karena kontraksi inilah yang membuat janin terlepas dari rahim karena posisi rahim memang belum begitu kuat. Alhasil, janin akan mengalami keguguran.

Kontraksi tidak hanya disebabkan oleh makanan. Goncangan seperti ketika Anda bepergian dengan menggunakan kendaraan juga bisa mengakibatkan kontraksi dan akhirnya bayi mengalami keguguran. Jadi, hindari bepergian jauh. Hati-hati dengan gerakan yang Anda lakukan.

Keluhan Kesehatan

Anda pasti tahu morning sickness. Ini biasanya menjadi istilah yang paling sering diketahui oleh seorang ibu hamil muda.

Morning sickness merupakan tanda kehamilan muda berupa mual dan muntah. Tanda hamil muda ini akan menjadi parah jika mual dan muntah yang Anda alami membuat Anda harus kehilangan stamina dan susah makan sehingga Anda harus bedrest agar tidak mengganggu perkembangan janin.

Selain itu, keluhan kesehatan seorang ibu hamil muda lainnya yang perlu diwaspadai adalah rasa sakit pada bagian perut. Hal ini juga bisa disertai dengan keluarnya darah melalui vagina. Ini yang sering disebut dengan flek.

Tidak masalah jika flek terjadi hanya beberapa hari saja. akan tetapi, jika hal ini terjadi hingga berhari-hari, maka sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter. Karena bisa saja hal tersebut berpotensi keguguran.

Setidaknya fakta tersebut di atas membuat Anda mengerti betapa beratnya tanggungjawab sebagai seorang ibu hamil muda. Jadi, Abda perlu banyak membaca tentang apa saja yang harus Anda lakukan ketika sedang hamil trimester pertama.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *