0

Kenal Dengan Kanker Otak dan Tumor Otak itu Bagus!

Tumor OtakKanker otak dan tumor otak tentu dua kondisi yang berbeda, walaupun keduanya mirip dan saling berkaitan. Namun dua penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian si penderitanya. Karena berbeda, mari sama-sama kita bahas untuk lebih mengenal tentang dua penyakit ini.

Pengertian Kanker Otak dan Tumor Otak

Tumor otak merupakan suatu massa jaringan yang terbentuk dari sel-sel otak yang mengalami pertumbuhan yang tidak terkendali (abnormal). Untuk kata tumor sendiri merupakan istilah yang umum untuk jaringan yang terbentuk massa abnormal. Sedangkan kanker otak ialah sel-sel yang berada di otak dan abnormal bertumbuh secara tidak terkendali. Kanker otak biasanya bersifat ganas, di mana kanker otak in bisa menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya.

Jenis Tumor Otak

Menurut para ahli media, bahwa secara umum tumor otak ada 2 jenis, yaitu :

  • Tumor Jinak

Tidak semua penyakit tumor itu ganas dan berbahaya, maksudnya tumor ada yang jinak dan juga ada yang ganas. Biasanya tumor jinak ini cenderung tidak terlalu berbahaya dan bisa diobati dengan melakukan kemotrapi. Tumor jinak ini biasa disebut tumor otak primer

  • Tumor Ganas

Tumor ganas ini adalah kanker otak. Di mana kanker otak ini lebih cepat meluas dan menyebar dibandingkan dengan penyakit tumor. Namun untuk kedua jenis tumor otak memiliki gejala yang persis sama dan pastinya lebi berbahaya dari penyakit tumor.

Gejala Kanker Otak dan Tumor Otak

Kenal Dengan Kanker Otak dan Tumor Otak itu Bagus! Di mana kita bisa mengetahui gejala-gejala dan tahu tindakan apa yang harus diambil. Timbulnya gejala kanker kanker dan tumor otak memang akan terjadi karena adanya desakan ruang dalam tengkorak (kepala). Namun gejala untuk kanker dan tumor otak sangat bervariasi tergantung pada jenis tumor, ukuran tumor, tingkat pertumbuhan tumor otak tersebut.

Untuk beberapa tumor otak tidak mempunyai gejala yang ukurannya cukup besar yang memungkinkan menimbulkan gejala serius. Namun tumor lainnya kemungkinan akan menimbulkan gejala meskipun perlahan namun berkembang. Namun gejala awal dari penyakit kanker dan tumor otak ini adalah sakit kepala. Jika sudah terkena kanker otak, maka minum obat pun tidak akan berpengaruh. Adapun gejala lain dari kanker otak dan tumor otak yang sering muncul dan dirasakan diantaranya :

  • Sakit pada kepala yang selalu muncul dan rasanya sangat sakit
  • Sakit kepala yang bertahap, mulai dari sering hingga menjadi lebih parah
  • Mual dan muntah yang tidak jelas penyebabnya
  • Terjadi nya gangguan pada penglihatan, seperti kabur, ganda
  • Gangguan pada keseimbangan badan
  • Sulit untuk berbicara
  • Merasa kebingungan setiap harinya
  • Sering mengalami kejang
  • Adanya masalah pada indera pendengaran

Perlu diingat bahwa semua gejala kanker dan tumor otak ini dapat disebabkan oleh keadaan selain adanya kanker ataupun tumor pada otak. Oleh karena itu, jika sudah terlalu sering mengalami gejala tersebut maka segeralah ke dokter untuk diperiksa. Nah, biar aman sejak sekarang terapkan pencegahan penyakit tumor dan kanker secara dini agar bisa meminimalis resikonya. –apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *