0

Kenali Tanda Piston Sepeda Motor Bermasalah

Piston sepeda motor merupakan salah satu komponen yang ada dalam mesin motor yang bekerja untuk menghasilkan tenaga pembakaran. Cara kerja piston sepeda motor ini yang melakukan gerakan naik turun secara cepat, sehingga proses pembakaran dalam mesin bisa sempurna dan motorpun bisa digunakan. Untuk bisa menghasilkan pembakaran secara sempurna dalam mesin, maka piston sepeda motor harus memiliki syarat-syarat diantaranya :

  • Konstruksi piston haruslah ringan. Ini penting, karena jika berat maka mesin tidak akan memiliki putaran yang cepat. Sehingga performa mesin motor melemah atau menjadi sangat lambat, meskipun tarikan gas sudah full.
  • Tahan akan tekanan ledakan karena hasil pembakaran. Proses pembakaran dalam mesin motor akan selalu mengalami ledakan, karena bensin dan udara yang terbakar akibat percikan api listrik dari busi motor. Ledakan ini akan sangat kuat, dan juga meningkatkan tekanan dalam mesin sehingga piston haruslah tahan dari kedua hal tersebut.
  • Tahan dari pemuaian. Proses pembakaran yang terjadi tentu akan membuat suhu menjadi sangat tinggi, sehingga ini akan membuat semua benda logam akan perlahan mencair. Oleh karena piston sepeda motor terbuat dari logam khusus, maka proses pemuaian ini tidak akan berpengaruh dan melelehkan piston sepeda motor tersebut.

Piston Sepeda Motor

Tentu semua produk baik komponen mesin motor seperti piston sepeda motor ini ataupun barang lain akan ada masa penggunaannya. Namun jika lebih cepat dari masa tersebut, maka ini yang menjadi masalah meskipun telah melakukan perawatan secara rutin. Masalah ini terjadi tentu ada sebabnya, lalu bagaimana cara kita untuk bisa kenali tanda piston sepeda motor bermasalah?

  • Adanya asap putih tebal yang keluar dari knalpot

Salah satu tanda piston sepeda motor bermasalah adalah dengan keluarnya asap putih tebal dari knalpot. Tanda ini tentu bisa langsung dilihat secara langsung ketika kita sedang memanaskan ataupun mengendari sepeda motor. Ini bisa terjadi karena piston telah goyang atau oblak, sehingga ini akan menyebabkan adanya celah untuk oli untuk mengalir ke ruang pembakaran.

Kejadian bisa juga karena faktor usia piston motor, karena tidak adanya perawatan yang rutin terhadap motor tersebut. Hal lain juga bisa karena terlalu berat beban yang melebihi kapasitas standar. Selain itu piston bisa goyang ini biasanya juga karena sering melalui jalanan yang ekstrim seperti bebatuan ataupun adanya kesalahan dalam pemasangannya. Lalu jika sudah terjadi hal ini, apakah bisa diperbaiki ? Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti dengan piston baru karena ini bisa berakibat pada komponen mesin motor yang lain.

  • Performa tenaga mesin menurun secara drastis

Tanda lain yang menandakan bahwa piston bermasalah adalah perfoma tenaga motor yang tiba-tiba menurun. Ini terjadi karena komponen pada piston motor mulai dari setang, ring piston, dan juga kepala piston tidak berfungsi secara maksimal untuk membantu proses pembakaran bahan bakar menjadi tanaga secara sempurna.

Ini kenapa ? Beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan hal ini sama seperti di atas. Mulai dari faktor usia, hingga pemasangan yang kurang pas. Untuk mengatasinya pun sama, namun cek terl;ebih dulu semua komponen-komponen piston tersebut. Untuk lebih memastikan lagi, lakukan tes kompresi mesin di bengkel-bengkel yang memang menyediakan layanan tes kompresi mesin.

Dua tanda di atas biasa terjadi baik untuk motor baru ataupun motor-motor lama. Oleh karena itu, untuk menghindari semua itu pastikan kita melakukan perawatan secara rutin. -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *