1

Kerajinan Khas Kebudayaan Masyarakat Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan warisan budaya dan wisata alam yang juara viewnya. Tidak heran jika banyak kerajinan khas Indonesia yang bahkan bertahan sampai sekarang dan sudah mendunia. Menariknya, budaya yang tetap diperhatikan masyarakat di Indonesia tidak dipandang dunia sebagai bentuk keterbelakangan peradaban. Namun justru membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang patut digali mengenai kebudayaannya.

3 Kerajinan Khas Indonesia

Source : Google Image

Berikut beberapa kerajinan di Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat lokal:

  • Batik

Siapa yang tak kenal dengan batik? Batik yang dibuat dengan tangan-tangan pengrajin yang handal sudah terkenal sampai mancanegara. Bahkan batik selalu digunakan dalam acara kenegaraan. Batik bisa dibilang sebagai identitas bangsa Indonesia karena batik hanya ada di Indonesia. Di beberapa daerah di Indonesia memiliki jenis batiknya tersendiri. Baik yang populer seperti batik Cirebon, Garutan, Yogyakarta, Madura, dan sebagainya.

  • Kain Tenun

Selain batik, ada juga kain tenun yang merupakan kerajinan khas yang dimiliki Indonesia. Kain tenun yang dibuat secara tradisional masih bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kain tenun dari Lombok sudah mendunia. Ialah kain Songket yang dibuat oleh perempuan suku asli di Lombok. Kain ini dibuat dengan menggunakan alat tenun yang masih tradisional dan jauh dari kata teknologi. Namun itulah yang membuat kerajinan ini khas, unik dan berharga.

  • Gerabah

Gerabah merupakan kerajinan yang berasal dari tangan-tangan pengrajin di Indonesia. Ia dibuat dari tanah liat dengan berbagai ukiran dan motif yang unik khas kebudayaan Indonesia. Dulu gerabah dibuat sebagai peralatan rumah tangga. Namun sekarang ia menjadi komoditas yang cukup besar dan gerabah banyak digunakan sebagai dekorasi di rumah, hotel, kantor, dsb. Daerah penghasil gerabah terbaik seperti Yogyakarta dan Lombok.

Masih banyak lagi kerajinan lainnya yang lahir dari kebudayaan masyarakat di Indonesia. Kemudian kerajinan lokal dan unik ini kini sudah masuk dalam pentas industri kerajinan internasional. Itulah mengapa penting untuk generasi muda mulai menyadari pentingnya melestarikan semua produk kerajinan khas Indonesia. Jika dunia saja mengakui keindahannya, mengapa kita sebagai masyarakatnya sendiri tidak menjaga dan membuatnya semakin mendunia?

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *