0

Kontrol Biaya Renovasi Rumah Dengan Tips Ini

Renovasi RumahRenovasi rumah merupakan pekerjaan yang mahal harganya. Siapa pun tentunya tidak akan menyangkal fakta ini. Merenovasi rumah akan melibatkan waktu yang tidak sebentar dan juga dana yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda ingin merenovasi rumah menjadi ruko sekaligus hunian. Tentunya, Anda pun memerlukan pagar untuk memberikan jaminan keamanan di ruko Anda. Pembelian unit pagar di tempat jual pagar beton precast pastinya akan membuat dana semakin membengkak.

Nah, untuk mengontrol pengeluaran ketika merenovasi, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  1. Pastikan dengan jelas bagian yang akan direnovasi, apakah seluruhnya ataukah hanya sebagian saja. Konsep dan desain rumah pun harus disiapkan secara mendetail sehingga tukang yang nantinya membangun rumah Anda sudah mendapat gambaran dengan pasti. Bagian mana yang akan tetap menjadi hunian, bagian mana yang akan menjadi ruko, semuanya ditetapkan secara detail agar pengerjaan bisa berlangsung cepat.
  2. Pilih pengerjaan waktu yang tepat. Sebisa mungkin, pilihlah waktu pengerjaan saat musim kemarau dan jangan ketika musim hujan. Merenovasi rumah ketika musim hujan hanya akan membawa kerugian bagi Anda. Mengapa? Sebab proses pengeringan mulai dari struktur beton, plester dinding, dan lain sebagainya akan susah kering. Ditambah lagi, material bangunan seperti semen dan bata pun tidak bisa diletakkan di depan bangunan karena akan basah ketika hujan turun. Jadi, Anda pun harus cermat ketika menentukan waktu renovasi.
  3. Membuat daftar material barang yang dibutuhkan. Untuk membuat perkiraan dana, Anda harus melakukan hal ini dengan detail. Misalnya menggunakan beton untuk dak rumah dan material lain untuk bagian rumah yang lain. Sebelum mulai membangun, cobalah untuk mendaftarkan material apa saja yang akan dipakai, lengkap dengan harganya. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mendapatkan gambaran dana yang harus dikeluarkan ketika merenovasi.
  4. Menentukan sistem pembayaran tukang. Setelah tiga hal di atas ditentukan, maka hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah menentukan sistem pembayaran tukang. Entah dibayar secara borongan atau dibayar dengan perhari. Masing-masing memiliki nilai plus dan nilai minusnya masing-masing, sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Renovasi rumah bisa dibilang agenda yang cukup membutuhkan budget khusus, meskipun demikian jika melakukan tips ini biaya tersebut bisa dikontrol sehingga jelas dan bermanfaat. (Tr)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *