0

Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi kesehatan dan jiwa menjadi primadona produk asuransi terbaik yang banyak dipilih warga Indonesia. Terutama untuk produk asuransi kesehatan yang memang menjadi produk ke-2 setelah asuransi jiwa yang banyak dipilih oleh calon konsumen. Sudah pasti dengan asuransi kesehatan bisa dijadikan sebagai proteksi dan perlindungan akan biaya-biaya kesehatan seperti biaya rawat inap, obat, jasa dokter hingga kamar di rumah sakit yang setiap tahunnya terus meningkat.

Asuransi Kesehatan

Dikarenakan hal tersebut, maka perlu untuk kita menyiapkan semua dana kesehatan untuk berjaga-jaga ketika salah satu anggota rumah tangga terkena penyakit yang memang harus dilakukan perawatan. Kita tahu perusahaan asuransi di Indonesia yang telah menyiapkan produk asuransi kesehatan yang bisa dipilih. Namun menjadi kendala bagi kita para calon nasabah dalam memilih dan menentukan asuransi kesehatan tersebut. Tentu diperlukan informasi yang cukup banyak, salah satu nya bisa dengan mendengar pendapat yang dikeluarkan oleh para perencana keuangan mengenai apa saja Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik. Ini lah beberapa hal yang patut untuk dipertimbangkan :

  • Penggantian klaim dimudahkan

Sistem ini dalam dunia asuransi dikenal dengan sebutan cashless, di mana dengan sistem ini kita tidak perlu lagi membayar seluruh tagihan karena cukup dengan menggesek kartu asuransi yang dimiliki saja. Sehingga tidak perlubayar dimuka, di mana ini kemudian di reimburse ke asuransi(reimbursement). Namun sistem ini hanya rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan pihak asuransi dan memiliki serta memasang mesin untuk menggesek kartu asuransi.

Jika tidak ada mesin untuk menggesek kartu asuransi nya, maka sudah dipastikan kita harus teteap membayar di muka dan menyelesaikan dengan sistem reimbursement.

  • Harus memiliki jaringan rumah sakit yang luas

Asuransi kesehatan tentu sudah harus bekerja sama dengan banyak rumah sakit. Namun kini masalahnya untuk beberapa jenis asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi tertentu tidak semua bekerja sama dengan banyak rumah sakit. Sehingga ini akan menyulitkan pihak nasabah ketika ada salah satu anggota keluarga yang jatuh sakit dan butuh perawatan segera, di mana rumah sakit yang dekat dengan lokasi rumah tidak bekerja sama dengan asuransi kesehatan yang dipilih.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih asuransi kesehatan yang memang terpercaya dan memiliki jaringan kerjasama dengan banyak rumah sakit. Pastikan juga rumah sakit langganan Anda (jika ada) bekerjasama dengan asuransi kesehatan yang akan dipilih.

  • Premi dan plafond nya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan

Tentu memilih produk asuransi tentu kita akan melihat plafond dan premi harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan financial. Jika skema yang diambil rendah, maka ketika rawat inap, maka kita harus mengeluarkan lagi biaya tambahan jika ada kekurangan yang tidak dijamin oleh asuransi. Tingginya plafond tentu juga akan berbanding lurus dengan besar nya premi yang akan dibayarkan setiap bulannya.

  • Asuransi kesehatan murni

Sebaiknya ketika memilih produk asuransi kesehatan terbaik, maka pilihlah asuransi kesehatan yang berdiri sendiri. Bukan asuransi yang diperuntukkan sebagai rider asuransi lainnya seperti asuransi jiwa unit-link. Kenapa ? Tentu jawabannya berhubungan dengan biaya, yaitu Mahal. Ketika kita ikut layanan asuransi unit-link, maka premi nya akan terbagi menjadi 3 yaitu asuransi jiwa, investasi dan asuransi kesehatan. Sehingga porsi untuk kesehatan nya menjadi lebih kecil, dan ini akan membuat kita akan membayar lebih mahal untuk bisa mendapatkan plafond lebih tinggi.

Telitilah sebelum membeli! -apuy-

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *