0

Latihlah Kemampuan Speaking Secara Rutin

Status bahasa inggris sebagai bahasa internasional yang umum digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, membuat banyak orang yang mulai tertarik belajar bahasa inggris cepat melalui berbagai lembaga kursus. Alasannya, karena mereka merasa bahwa lembaga kursus yang dipilihnya ini memiliki metode pembelajaran yang sesuai dengan mereka, sehingga mereka akan mampu mencapai keinginan mereka menguasai bahasa inggris dengan lebih cepat. Metode ini mencakup latihan reading, listening, writing dan yang tidak kalah pentingnya yaitu speaking.

Speaking Bahasa Inggris

Speaking atau pengucapan merupakan salah satu metode belajar yang akan sulit kita pelajari sendiri. Karena, ada beberapa kata dalam bahasa inggris yang akan mempunya pengucapan atau pelafalan berbeda dari apa yang tertulis. Karena itulah, kita akan membutuhkan pembimbing untuk mengajari kita bagaimana pelafalan atau intonasi pengucapan yang tepat.

Namun, agar proses belajar speaking ini dapat efektif dan maksimal, ada baiknya jika kita tidak hanya belajar saat ada guru saja. Kita harus sering-sering melatih diri kita sendiri agar terbiasa melafalkannya, dengan cara :

  • Latihlah pengucapan dengan berucap secara perlahan-lahan. Jangan melatih pengucapan secara cepat-cepat atau terburu-buru, ucapkan per suku kata dan dengan perlahan-lahan, hal ini agar kita bisa mendengarkan dan mendengarkan kesalahan kita sendiri.
  • Cobalah untuk mengingat kalimat yang sedang kita pelajari pelafalannya. Hal ini akan membantu kita mengatasi “lupa” yang sering menjadi kendala dalam proses pembelajaran bahasa. Namun, jangan hanya terfokus pada menghafal kata-katanya saja yah, kita harus tetap mengerti makna kalimatnya agar kita bisa mengucapkannya dengan intonasi yang sesuai dengan maksud kalinat tersebut.
  • Dengarkan ucapan kita sendiri dengan seksama. Dengan demikian, kita dapat menemukan kesalahan pengucapan kita. Jika dibutuhkan, kita juga bisa merekam latihan pengucapan dengan handphone atau perekam lainnya.
  • Sering-seringlah bermain dengan bibir dan lidah kita. Bibir dan lidah kita yang telah terbiasa dengan bahasa Indonesia pasti akan memiliki kesulitan dalam pengucapan Bahasa lain yang mungkin memiliki bunyi yang betul-betul berbeda. Gerakkan bibir dan lidah sesering mungkin.
  • Bernyanyilah, karena nyanyian membantu pelajar dalam 2 aspek, pendengaran dan pengucapan. Kita dapat melatih pendengaran kita serta membiasakan telinga kita dengan mendengarkan lagu, dan kita dapat langsung melatih pengucapan dengan mengkopi apa yang kita dengar.
  • Pelajari pengucapan alphabet fonetik internasional (International Phonetic Alphabet). Susunan ini memungkinkan kita untuk belajar pengucapan dengan benar tanpa harus mendengarkan media.
  • Langsung pelajari pengucapan setiap kata yang baru kita pelajari. Hal ini, selain untuk membantu pengucapan, juga dapat membantu kita dalam mengingat kata tsb.
  • Jangan malu memperdengarkan hasil latihan kita ke guru atau tutor. Ucapkan hasil belajar kita dengan lantang dan jelas, dengan begitu guru atau tutor dapat memperbaiki pengucapan kita dengan lebih sempurna.

Semoga tips melatih speaking bisa meningkatkan kemampuan conversation kamu dan selamat mencoba! (RR)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *