0

Lebih Jelas Mengenal Asuransi

AsuransiAsuransi, kata ini pastinya sudah sering sekali kita dengar, baik diiklan maupun kehidupan sehari-hari. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kendaraan, hingga asuransi rumah. Akan tetapi, apakah sebenarnya asuransi itu?

Asuransi dapat didefinisikan sebagai pemindahan risiko dari suatu kehilangan dari sebuah entitas ke entitas ke entitas lain dan ditukar dengan uang. Lebih sederhananya, asuransi menggantikan kehilangan kita dengan sejumlah uang yang sudah disetujui sebelumnya, dengan syarat kita membayar biaya yang disebut premi kepada asuransi secara rutin. Manfaat asuransi adalah untuk mengurangi kerugian yang secara finansial, ketika ada sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi.

Ada banyak hal yang dapat diasuransikan, dan asuransi sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Asuransi barang. Asuransi ini meliputi biaya perbaikan atau penggantian barang yang diasuransikan┬áketika barang tersebut rusak atau hilang.
  • Asuransi rumah untuk melindungi tempat tinggal dari risiko-risiko yang dapat menimpa rumah. Biasanya hal-hal seperti kebakaran, pencurian, dan bencana alam dilindungi oleh asuransi tipe ini.
  • Asuransi kendaraan akan melindungi kendaraan Anda jika kecelakaan terjadi dan kendaraan rusak. Beberapa asuransi kendaraan juga melindungi pencurian kendaraan, memberikan kompensasi kepada kendaraan yang juga terlibat dalam kecelakaan Anda, dan ada juga beberapa asuransi yang meminjamkan mobil rental selama kendaraan Anda sedang diperbaiki.
  • Asuransi kesehatan akan melindungi Anda jika Anda jatuh sakit. Asuransi kesehatan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa tipe tergantung apa yang dilindungi oleh asuransi tersebut. Asuransi kesehatan dapat menutupi biaya rumah sakit, penyakit kritis, dan cacat permanen.
  • Asuransi jiwa, agak mirip seperti asuransi kesehatan, akan melindungi keluarga yang ditinggal ketika si pemegang asuransi wafat. Asuransi jiwa sendiri dapat dibagi menjadi term life insurance, yang melindungi si pemegang asuransi selama jangka waktu tertentu, dan whole of life insurance yang melindungi si pemegang asuransi sampai ia wafat.
  • Bagi mereka yang sering bepergian, ada baiknya untuk menggunakan travel insurance. Asuransi ini melindungi traveler dari pencurian atau kehilangan, biaya-biaya yang muncul ketika penerbangan dibatalkan, dan bantuan medis jika terjadi kecelakaan atau jatuh sakit.

Dengan berbagai produk asuransi yang ini, kita tidak usah hidup ketakutan akan kehilangan semuanya ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Setidaknya ketika kita memiliki asuransi, hidup masih akan terus berlanjut dan beban yang diakibatkan kehilangan tersebut akan berkurang. (Dana)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *