0

Lensa Fix Canon Terbaik Untuk Berbagai Kebutuhan

Lensa merupakan bagian tak terpisahkan dari kamera. Fungsi lensa sangat penting untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik. Jenis-jenis lensa sendiri ada beberapa macam dan dibagi berdasarkan kelas atau kategori. Yaitu menurut panjang fokusnya, lensa fix dan lensa zoom. Lensa fix Canon adalah salah satu jenis lensa yang banyak sekali macamnya. Lensa fix ini memiliki keunggulan tersendiri dan merupakan favorit bagi para fotografer. Lensa fix memiliki ukuran yang tetap dan tidak dapat digunakan untuk zoom, namun hasil lensa fix sangat baik.

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Lensa

Sebelum Anda bermain dengan kamera DSLR, Anda tentu harus mengetahui jenis-jenis lensa dan manfaatnya. Lensa fix Canon dengan ukuran fokus 34 mm atau lebih pendek dari itu merupakan jenis wide atau ultra wide angle. Lensa jenis ini sangat cocok untuk memotret landscape, keramaian yang terdiri dari banyak orang maupun foto bersama sebuah keluarga besar atau foto-foto pada acara pernikahan. Lensa wide angle sangat bermanfaat untuk digunakan ketika Anda memiliki jarak dekat dengan objek foto Anda. Hasil dari lensa ini tentunya sangat detil dan benar-benar seperti aslinya.

Berikutnya lensa standar memiliki fokus rata-rata 50-55mm. Lensa seperti ini memiliki manfaat untuk memfoto hal atau kegiatan sehari-hari. Biasanya lensa fix Canon 50mm – 55mm ini merupakan lensa bawaan ketika Anda membeli kamera Canon lengkap dengan lensanya. Namun, jika Anda membeli hanya body kamera saja, tentu Anda harus membeli lensa secara terpisah. Nah, lensa fix dengan ukuran standar bisa menjadi pilihan untuk kegunaan memfoto standar sehari-hari.

Lensa Fix Canon

Sementara itu, lensa fix Canon dengan ukuran diatas 85mm sampai dengan 200 mm merupakan jenis lensa telephoto. Lensa ini sangat bermanfaat untuk mengamati atau fokus pada satu objek yang jaraknya cukup jauh dari Anda. Misalnya jika Anda memfoto sebuah pertunjukan budaya atau upacara kesenian dari jarak tertentu agar tidak mengganggu prosesi pertunjukan atau upacara kesenian tersebut. Hasil dari kamera dengan lensa fix Canon ini tentunya akan lebih detail dan menarik ketimbang Anda menggunakan kamera standar.

Lensa fix Canon dengan ukuran diatas 300 mm atau lebih juga tersedia. Lensa ini merupakan jenis lensa super telephoto yang digunakan untuk mengamati objek yang berjarak cukup jauh dari posisi Anda. Anda bisa melakukan pengamatan satwa liar, burung-burung langka dan objek-objek penting dari kejauhan menggunakan kamera jenis ini. Dengan demikian, burung atau satwa lainnya tidak akan terganggu dengan kehadiran Anda serta lebih mudah karena tidak merasa sedang diamati. Harga lensa DSLR Canon dengan ukuran dan fungsi demikian biasanya lebih mahal dari yang standar.

Beberapa Pilihan Lensa Fix Canon Untuk Hasil Gambar Terbaik

Lensa fix Canon hadir dengan berbagai tipe dan ukuran atau panjang fokus. Beda dengan lensa Zoom, lensa fix biasanya lebih ringan dan kecil. Memang kelemahan lensa fix adalah Anda tak bisa mengatur jauh dekatnya. Namun hasil jepretan lensa fix lebih baik dan lebih tajam dibandingkan lensa zoom. Lensa fix juga tersedia untuk berbagai kegunaan sesuai dengan jenis dan tipenya. Berikut ini adalah beberapa pilihan lensa fix Canon yang bisa Anda gunakan untuk kamera kesayangan Anda.

Lensa Fix Canon EF 50mm f/1.8 II merupakan jenis lensa Fix yang murah. Lensa fix Canon murah ini harganya kurang dari dua jutaan. Jika ingin lensa sejenis yang memiliki motor STM supaya autofokusnya lebih mulus Anda bisa memilih Canon EF 50mm f/1.8 STM dengan selisih harga sekitar 300ribuan saja. sekalipun lensa fix Canon standar ini paling murah namun hasil jepretannya tak mengecewakan. Anda masih bisa menghasilkan foto berkualitas menggunakan bantuan lensa ini.

Jika ingin merogoh kocek lebih dalam, jenis lensa klasik standar lainnya dengan ukuran yang sama adalah Canon EF 50mm/1.4 USM. Harga lensa kamera ini sekitar 5jutaan. Lensa fix Canon ini tentunya memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan lensa standar yang harganya kurang dari dua jutaan diatas. Namun ada juga jenis Canon EF 40mm f/2.8 STM yang harganya sedikit lebih murah dikisaran 2 hingga 3 jutaan. Tentunya ini bisa menjadi pilihan untuk mendukung Anda mengabadikan kegiatan sehari-hari dengan lensa berkualitas.

Ingin memotret objek berukuran kecil dengan hasil yang tajam? Pergunakan lensa fix Canon makro, misalnya Canon EF-S 60mm f/2.8 Macro USM seharga 7 jutaan, atau Canon EF 100mm f/2.8  Macro USM seharga 8 jutaan. Kedua jenis kamera ini cocok untuk kebutuhan fotografi yang membutuhkan tingkat presisi luar biasa. Cocok untuk memotret binatang atau serangga kecil dengan detil tajam layaknya kaca pembesar. Jika Anda ingin mendapatkan lensa dengan fitur lainnya seperti anti getar, Anda bisa memilih lensa fix Canon EF 100mm f/2.8 L Macro  IS USM seharga 13 jutaan.

Fitur Image Stabilization atau IS merupakan  teknologi anti getar pada lensa fix Canon yang akan sangat bermanfaat saat Anda mengabadikan suatu objek. Fitur ini bisa meredam getaran tangan sedemikian rupa, sehingga walaupun Anda memotret tanpa bantuan tripod Anda tetap bisa menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Demikian juga ketika Anda memotret objek yang sangat kecil. Menggunakan lensa fix jenis makro yang berkualitas dan didukung fitur image stabilization tentu akan membuat hasil bidikan Anda lebih baik lagi.

Jenis-jenis lensa fix Canon lainnya adalah Canon EF 50mm f/1.2 L USM. Lensa berharga 25 jutaan ini sangat baik untuk kerja-kerja profesional seperti fotografer pada acara-acara pernikahan. Lensa ini mampu fokus pada objek tertentu dalam suatu keramaian dengan detil yang luar biasa. Diluar objek yang ingin Anda bidik bisa Anda buat blur sehingga menghasilkan foto yang jauh lebih menarik. Lensa fix Canon  ini juga sangat cocok untuk street photography dan fungsi lain yang sejenis.

Bagaimana jika membutuhkan lensa untuk objek-objek yang jauh? Gunakan saja Canon EF 400mm f/5.6 L USM seharga 20 jutaan. Fokus pada lensa super telephoto yang jauh ini akan membuat gambar yang lebih baik. Tersedia juga pilihan lensa super telephoto lainnya seperti Canon EF 400mm f/2.8 L IS II USM. Lensa fix Canon ini tidak murah, harganya sekitar  150 jutaan rupiah. Namun demikian fitur-fitur yang melekat pada lensa ini boleh dibilang luar biasa, misalnya adanya fitur antigetar atau image stabilization. Sehingga Anda bisa memotret objek yang jauh tanpa rasa khawatir.

Nah, selain lensa yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi jenis-jenis lensa fix Canon yang bisa Anda pilih. Pastikan Anda membeli lensa yang tepat sesuai jenis kamera Anda. Perhatikan juga kualitas lensa, baik bahan maupun spesifikasinya. Pilih yang tahan air, uap air dan cuaca. Terutama sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membeli produk second, pastikan produk tersebut masih baik dan cek dengan benar kondisinya. Lensa bukan barang yang murah karena itu sedikit kerusakan bisa mempengaruhi performa.

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *