2

Lucas Museum of Narrative Art : Museum Star Wars

Euforia film Star Wars yang berjudul The Force Awakens tampaknya belum juga surut meski sudah tayang di layar lebar. Banyak sisi-sisi lain dari film ini yang bisa dijadikan bahan perbincangan mulai dari kostum hingga urusan properti. Jika di Dublin sebuah monumen sudah diubah menjadi lightsaber raksasa, bagaimana dengan properti Indonesia ? Hmm, tampaknya belum ada perkembangan menyangkut bangunan ala-ala Star Wars, ya!

Lucas Museum of Narrative Ar, Museum Star Wars

Eits, tapi jangan sedih! Chicago tampaknya tidak mau kalah dalam menyumbangkan euforia terhadap film perang bintang tersebut. Letaknya sendiri berada di Chicago—di tepi Danau Michigan dan akan bersebelahan dengan Soldier Field. Soldier Field sendiri merupakan sebuah stadion American Football milik Chicago Bears.

Lucas Museum of Narrative Art direncanakan akan memiliki luas sebesar 2,8 hektar dan menyimpan semua koleksi milik pencipta Star Wars yakni George Lucas. Mulai dari karya seni, set film, properti film Star Wars di masa-masa awal, hingga serba-serbi lainnya. Bisa dipastikan para penggemar film Star Wars akan tergila-gila ketika memasuki museum ini!

Desain museum ini sendiri sangatlah futuristik dengan model ala kapal luar angkasa. Bagian fasad luarnya diliputi dengan besi dan baja yang dicat dengan warna perak hingga memberi kesan masa depan. Jika dilihat dari kejauhan, museum ini tampak mengambang di atas ruang lahan hijau. Padahal, kenyataannya museum ini dibangun di atas permukaan tanah. Pemandangan dari museum pun sangatlah indah karena pengunjung bisa melihat lanskap kota Chicago sekaligus menikmati indahnya danau Michigan.

Sebelum memilih Chicago, Lucas dan Disney—perusahaan yang kini membantu proses penggarapan film Star Wars, memilih San Fransisco. Namun, karena pemerintah kota enggan menyerahkan tanah di Presidio, pada akhirnya lokasi pun dialihkan ke Chicago. Proses pembangunan akan dilakukan mulai dari musim semi di tahun 2016 dan direncakanan akan selesai di akhir tahun 2019.

Tertarik untuk mengunjungi museum ini? Mungkin saja penataan berbagai benda di museum ini bisa menjadi referensi saat ingin menata foto di rumah. Tapi, harap bersabar dulu karena Anda harus menunggu sampai proses pembangunannya selesai, ya. May the force be with you! (TR)

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *