0

Makanan yang Cocok untuk Diet Rendah Garam

Diet rendah garam adalah salah satu program diet yang bertujuan untuk membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi yang sangat sensitif dengan garam. Selain itu, diet rendah garam ini juga mampu menghilangkan penimbunan kadar air maupun garam yang sangat tinggi di dalam tubuh manusia. Biasanya, ketika seseorang sedang mengikuti program diet rendah garam ini, maka orang tersebut tidak diperbolehkan memakan makanan yang mengandung garam tinggi. Kenapa? Yup, hal ini untuk mengatasi agar penimbunan garam di dalam tubuh tidak semakin bertambah, yang pada akhirnya akan memunculkan gangguan kesehatan pada tubuh.

Diet Rendah Garam

Untuk itu, bagi Anda yang tengah menjalani program diet rendah garam ini, ada baiknya Anda memakan beberapa makanan rendah garam yang ada di bawah ini. Apa sajakah itu? Yuks, langsung saja ulasannya, deh!

  1. Susu yang low fat. Semua orang termasuk Anda, tentunya sangat suka dengan yang namanya susu. Ya, susu mampu memberikan tenaga sekaligus membantu menjaga pertumbuhan di dalam tubuh. Namun, untuk yang sedang menjalani diet rendah garam, sebaiknya konsumsi susu yang low fat atau dikenal juga dengan istilah rendah lemak. Mengonsumsi susu yang low fat, tidak akan meningkatkan garam dan air dalam tubuh malahan membuat Anda semakin bertenaga.
  2. Roti. Banyak mungkin diantara semua yang sudah menjadikan roti sebagai makanan untuk sarapan. Bahkan, tidak sedikit pula yang mengonsumsi roti untuk makan siang maupun makan malam. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mencoba memakan roti ini ketika sarapan, makan siang, dan makan malam. Hanya saja, makanlah roti yang terbuat dari gandum dan saat memakannya jangan menambahkan keju atau margarin.
  3. Buah-buahan. Jika Anda ingin menurunkan garam yang terdapat di dalam tubuh, maka Anda sangat direkomendasikan untuk memakan buah-buahan. Dengan memakan banyak buah-buahan, akan menghindari Anda terkena penyakit stroke dan tentunya kadar garam di tubuhpun akan berkurang. Apabila Anda tidak mau memakan buah secara langsung, Anda bisa menjadikan dalam bentuk jus yang tidak diberi tambahan apapun.
  4. Sayuran. Selain buah-buahan, Anda juga sangat dianjurkan untuk memakan sayuran hijau yang mengandung banyak serat. Hanya saja, saat membuat sayuran hijau ini, alangkah baiknya Anda memberi penyedap rasa sedikit saja. Dengan begini, tentu saja garam dalam tubuh pun tidak akan bertambah.
  5. Makanan yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi. Nah, makanan yang seharusnya dimakan untuk Anda yang tengah mengikuti diet rendah garam adalah yang mengandung karbohidrat tinggi maupun serat tinggi. Untuk makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan serat tinggi biasanya terdapat pada gandum atau konsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih. Maka dari itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk memakan gandum ini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba diet rendah garam ini?

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *