0

Mau Membersihkan Busi Pada Mobil? Begini Caranya!

Busi merupakan salah satu komponen yang ada di dalam mobil, yang menjadi perangkat pembakaran pada mesin bensin mobil. Biasanya, busi yang terdapat pada mobil ini, berfungsi untuk memberikan percikan api untuk ruang bakar. Percikan api yang dihasilkan oleh busi ini, akan membakar bensin sehingga menimbulkan ledakan, dan ledakan ini akan diubah menjadi tenaga oleh piston.

Namun, percikan api yang menghasilkan ledakan pada busi mobil ini, akan berkurang performanya apabila adanya pengendapan kotoran. Jika pengendapan kotoran ini tidak dibersihkan, dan terus menerus menghasilkan uap panas, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi penyebab mobil terbakar.

Membersihkan Busi Mobil

Sebenarnya, untuk membersihkan busi mobil yang menjadi tempat mengendapnya kotoran ini tidaklah susah, hanya saja untuk kalian yang tidak mengerti cara membersihkannya, akan terkesan sangat sulit dan susah untuk membersihkannya. Nah, supaya kalian bisa membersihkan busi yang menyimpan banyak kotoran ini di rumah, berikut beberapa cara mudah untuk membersihkannya. Langsung saja disimak!

  1. Lepaskan busi yang ada terdapat di dalam mobil satu persatu menggunakan kunci soket busi dan ratchet. Ketika kalian melepaskan busi ini, sebaiknya kalian mengetahui betul dimana letak businya. Dengan begini, tentu saja akan mencegah terjadinya kesalahan saat akan mengembalikan busi ke mesin mobil, dan terhindar dari kerusakan pada mesin mobil.
  2. Setelah busi kalian lepaskan, selanjutnya bersihkan busi menggunakan kain bersih, dan gosok bagian busi yang terlihat kotor.
  3. Jika kalian sudah membersihkan busi dan terlihat lebih bersih dari sebelumnya, lanjutkan mencucinya dengan cairan yang mudah kering. Sebaiknya, cairan yang kalian gunakan mengandung karburator injector cleaner maupun alkohol.
  4. Apabila busi telah dicuci dengan cairan yang karburator injector cleaner maupun alkohol, maka kalian bisa merendamnya ke dalam cairan untuk membersihkan toilet sekitar beberapa menit saja merendamnya hanya boleh sekitar 1.3 cm. Dan, jika kalian tidak memiliki cairan pembersih untuk toilet, kalian bisa membeli cairan yang mengandung sekitar 20 persen hidrogen klorida.
  5. Selanjutnya, kalian bisa meniup setiap celah-celah yang terdapat pada busi, agar semua kotoran yang belum dibersihkan seutuhnya bisa terhempas keluar dan busi menjadi lebih bersih.
  6. Kemudian, untuk membersihkan benang yang terdapat pada busi, kalian bisa menggunakan sikat kawat yang tidak kaku, dan bersihkan juga bagian lubang yang ada pada busi menggunakan handuk.
  7. Jika busi sudah benar-benar bersih, kalian pun bisa memasang busi kembali menggunakan torsi. Dan, pastikan busi terpasang dengan benar dan sesuai dengan penempatannya.

Gimana? Gampang sekali bukan, salah satu perawatan mobil salah satunya dengan membersihkan busi yang ada di dalam mobil. Selamat mencoba! –SH

Apuy

Berdoa, Berusaha dan Tawakal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *